RESPON MASYARAKAT TERHADAP HUKUM KELUARGA ISLAM

Barmawi Arief

Abstract


Hukum keluarga merupakan bagian terpenting dalam tatanan masyarat umum. Sudah menjadi keniscayaan perubahan yang terjadi dalam tatanan sosial yang sudah mapan akan menimbulkan respon yang beragam dari masyarakat. Perdebatan, adu argumen, pro kontra adalah tahapan dari perubahan yang harus dilalui. Begitu pula dengan pembaruan Hukum Keluarga Islam yang terjadi di negara-negara Muslim, menimbulkan reaksi yang beragam. Kecenderungan respon negatif dan penolakan sangat mendominasi dari setiap pembaruan yang terjadi di masing-masing negara. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: pertama, substansi pembaruan hukum keluarga Islam seringkali tidak sesuai dengan landasan filosofis, yuridis, dan sosiologis yang telah mengakar kuat pada masyarakat muslim. Hal ini juga dipengaruhi doktrin fikih  yang sudah begitu langgengnya mendarah daging. Kedua, penolakan terjadi karena terjadi ketidaksepahaman dalam memahami materi pembaruan, perbedaan metode dalam mengakji hukum keluarga rentan terhadap perdebatan, ini merupakan dampak dari kurangnya sosialisasi pemerintah terhadap materi pembaruan dan metode yang digunakan. Memahamkan masyarakat terhadap pentingnya melakukan pendekatan interdisipliner dalam kajian hukum keluarga sangat diperlukan. Ketiga, pembaruan hukum Islam seringkali bertabrakan dengan tatanan sosial budaya pada masyarakat di negara-negara tertentu. Untuk itu, perlu kiranya kita memahami respon masyarakat dalam melihat hokum keluarga Islam.

 


Keywords


Masyarakat, Hukum Keluarga Islam

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. Bangunan Baru Epistimologi Keilmuan Studi Hukum Islam Dalam Merespon Globalisasi, makalah disampaikan dalam Seminar Nasional dan Temu Alumni Fakultas Syari’ah, diselenggarakan oleh Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 29 September 2012.

Anderson, J.N.D. Hukum Islam di Dunia Moderen, alih bahasa Machnun Husain, cet. I, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994.

Buang, Ahmad Hidayat, Reformasi Undang-Undang Keluarga Islam, Jurnal Syari’ah, Jilid 5, bilangan 1, Januari, 1997.

Donohue, John J. dan John L. Esposito, Islam dan Pembaruan: Ensiklopedia Masalah-Masalah, alih bahasa Machnun Husain. Jakarta: Rajawali, 1989.

Nasution, Khoirudin. Hukum Perdata (Keluarga) Islam Indonesia dan Perbandingan Hukum Perkawinan di Dunia Muslim, Yogyakarta: ACadeMIA+TAZZAFA, 2009.

-------------------------. Pengantar dan Pemikiran Hukum Keluarga (Perdata) Islam Indonesia. Yogyakarta: ACAdeMIA+TAZZAFA, 2010.

-------------------------. Status Wanita di Asia Tenggara: Studi Terhadap Perundang-Undangan Perkawinan Muslim Kontemporer di Indonesia dan Malaysia. Jakarta: INIS, 2002.

Umar, Nasaruddin, Refleksi Penerapan Hukum Keluarga di Indonesia, http://www. komnasperempuan.or.id, diakses pada 13 Januari 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HUKUMAH: Jurnal Hukum Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of HUKUMAH: Jurnal Hukum Islam E-ISSN: 2614-6444

 
Published by :
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 082214220067
Faks. -
Email: hukumah@yahoo.com

Creative Commons License