PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII ANTARA MENGGUNAKAN STRATEGI SNOWBALLING DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA MATERI ZAKAT DI SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU

Bashori -

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII pada materi zakat di SMP Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu padahal guru telah menerapkan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer. Berdasarkan hasil temuan ini, maka penulis mengadakan penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 52 orang, dimana kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang diambil dengan cara non random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sementara teknik analisis data penelitian menggunakan dua tahapan, yaitu uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), dan uji hipotesis (uji t atau Independent Sampels T Test). Untuk memudahkan proses analisis data tersebut di atas, penulis menggunakan program SPSS 19 for window. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pretest siswa kelas eksperimen sebesar 68,96 dan kelas kontrol sebesar 72,23. Setelah diterapkan strategi Snowballing, rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen sebesari 78,58, sedangkan rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas kontrol sebesar 75,23. Dari uji hipotesis menggunakan Independent Sampels T Test (t-test for Equality of Means) dengan bantuan SPSS 19 for window diperoleh harga sig (2-tailed) sebesar 0,001 jauh lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII antara yang diajar dengan strategi Snowballing dan Giving Question and Getting Answer di SMP Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu.

 


Keywords


Hasil Belajar, Strategi Snowballing Giving Question, Getting Answer

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu., Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia. 2005.

Ali, Muhammad. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2008.

AM, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 2008.

Anwar, Desi. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggris. Surabaya: Amelia. 2004.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta, Edisi Revisi V. 2006.

Departemen Pendidikan Nasional. Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran PAI. 2006.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. 2005.

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Dirjen Bimas Islam. 2000.

Dimyati., Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2007.

http://www.gurukelas.com/2012/09/metode-bola-salju-snow-balling.html,diakses pada tanggal 28 Nopember 2015

http://www.referensimakalah.com/2013/02/Model-Pmbelajaran-Giving-Questions-and-Getting-Answer-GQGA.html, diakses pada tanggal 15 Nopember 2015

Kementerian Pendidikan Nasional. Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk SMP. Jakarta: Dirjen Pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007.

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2005.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2005.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung; Remaja Rosdakarya. 2005.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.

Rasjid, Sulaiman. Fiqh Islam. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2013.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kecana. 2008.

____________. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2010.

Setiyani, Ika dkk. Pendidikan Agama Islam untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Swadaya Murni. 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

Copyright of HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam P-ISSN: 2085-8663, E-ISSN: 2450-5611

 
Published by :
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 082214220067
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License
HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View HIKMAH Stats