KREATIVITAS DALAM PERSEPEKTIF TEORI KEPRIBADIAN SIGMUND FREUD DAN IMPLIKASI DALAM PENDIDIKAN

Zulkarnain Zulkarnain

Sari


Sigmund Freud merupakan salah satu tokoh psikoanalisis yang memandang kepribadian manusia kepada pendekatan faktor psikoseksualitas dalam menganalisis kepribadian manusia.  Menurut teori kepribadian Freud, kreativitas merupakan bagian dari kepribadian. Kreativitas menurut Freud merupakan upaya tak sadar untuk menghindari kesadaran mengenai ide-ide yang tidak menyenangkan atau yang tidak dapat diterima. Meskipun kebanyakan mekanisme pertahanan menghambat tindakan kreatif, namun justru mekanisme sublimasi justru merupakan penyebab utama dari kreativitas. Tujuan agar potensi yang dimiliki oleh diri kepribadian seseorang agar terbiasa  mengaktualkan dirinya sendiri dalam hal untuk berkreativitas. Kreativitas dapat dikembangkan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. teori ini diarahkan kepada dalam dunia pendidikan saat ini sangat tepat. Dimana peserta didik diharapkan tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakatnya untuk menuangkan ide-ide kreatif seperti melukis, menulis, musik dan olahraga. Dalam hal ini peserta didik hasilnya menjadi manusia yang cerdas dan kreatif.

Kata Kunci : Kreativitas, Kepribadian, Sigmund Frued.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##



 

Copyright by: HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 

E-ISSN: 2085-8663



Published by:

Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai

Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pagaraian Kec. Rambah Kab. Rokan Hulu

Telp. 082214220067

Faks-

e-mai: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com