IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PEKAITAN KECAMATAN PEKAITAN KABUPATEN ROKAN HILIR

Suriyah -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam manajemen kelas di SMP Negeri 2 Pekaitan. Permasalahan yang muncul di SMP Negeri 2 Pekaitan adalah Pengaturan ruangan belajar di kelas guru belum begitu baik, kurang akrabnya guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa, terkait dengan kegiatan pembelajaran, masih ditemukan perilaku siswa yang kurang kooperatif terhadap pembelajaran, sekolah belum bisa menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sebagian besar guru juga memang kurang sungguh-sungguh melakukan manajemen kelas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Pekaitan. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi dan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Implementasi manajemen kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pekaitan, dengan indikator yakni merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, mengendalikan dan evaluasi pada pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik. faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam manajemen kelas di SMP Negeri 2 Pekaitan Faktor dari luar (Eksternal), meliputi faktor lingkungan dan faktor instrumental seperti; kurikulum, program/ bahan pengajaran, sarana dan fasilitas, serta faktor guru itu sendiri Faktor dari dalam (Internal), meliputi kondisi fisiologis dan psikologis siswa berupa minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki masing-masing siswa.


Keywords


Manajemen Kelas, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


A. Ruhiat. Pengelolaan Kelas Berbasis Kurikulum 2013. Bandung: Gaza Publising, 2014.

Abu Ahmadi dan Prasetyo,Tri, Joko. SBM Strategi Belajar Mengajar Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK, Bandung : CV. Pustaka Setia, 2005.

Ahmad Hidajat. Pengelolaan Kelas Berbasis Kurikulum 2013. Bandung: Gaza Publising, 2014.

Asih Wardani. Implementasi Classroom Management Untuk Mewujudkan Suasana Kelas Yang Menyenangkan Bagi Siswa Kelas 1A dan 1B di Mi Ma’arif Mangunsari Salatiga, 13 Februari 2013. http://www.kompas.com. Asih Wardani, web. Pdf diakses pada tanggal 19 Juni 2015.

Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2009.

E. Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

George R. Terry. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara; 2000.

Irfannalfarisi blogdetik.com/2010/06/02tujuan-pendidikan-agama-islam

Lexy Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Maisah. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada, 2012.

Martinis Yamin. Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press, 2009.

Martinis Yamin. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada, 2012.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Muttaqin. Implementasi Keterampilan Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Mranggen, 21 Desember 2009. http://www.kompas.com. Muttaqin, web.Pdf diakses pada tanggal 29 April 2015.

Nur Azizah. Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Batu, 14 Januari 2009, http://www.kompas.com. Nur Azizah, web.Pdf diakses pada tanggal 19 April 2015.

Oemar Hamalik. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Sititis Wuriana. Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan EfektifitasPembelajaran PAI Kelas X Di SMK Negeri 6 Yogyakarta, 28 Agustus 2013 http://www.kompas.com. Sititis Wuriana.web.IdI diakses pada tanggal 29 April 2015.

Sudirman N, dkk. Ilmu Pendidikan. Bandung: CV. Remadja Karya, 2000.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Ade Rukmana Dan Asep Suryana Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Undang-undang Republik Indinesia No. 14 tahun 2005. Bandung: Citra Umbara, 2006.

Yuyus Suherman dan Nurjanah. Manajemen Kelas Untuk Efektifitas Pembelajaran. PT. Wahana Iptek Bandung, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

Copyright of HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam P-ISSN: 2085-8663, E-ISSN: 2450-5611

 
Published by :
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 082214220067
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License
HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View HIKMAH Stats