HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Sarmadhan Lubis

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk meraih prestasi belajar yang baik, banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan, karena di dalam dunia pendidikan tidak sedikit siswa yang mengalami kegagalan. Kadang ada siswa yang memiliki dorongan yang kuat untuk berprestasi dan kesempatan untuk meningkatkan prestasi, tapi dalam kenyataannya prestasi yang dihasilkan di bawah kemampuannya. Kedua, Individu yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang lebih baik, dapat menjadi lebih terampil dalam menenangkan dirinya dengan cepat, jarang tertular penyakit, lebih terampil dalam memusatkan perhatian, lebih baik dalam berhubungan dengan orang lain, lebih cakap dalam memahami orang lain dan untuk kerja akademis di sekolah lebih baik. Ketiga, Beberapa pendapat menunjukkan menghilangkan atau paling kurang menurunkan depresi pada anak, antara lain dapat dilakukan dengan mengajarkan cara melihat dan memahami kesulitan itu sendiri, melatih untuk terampil menjalin persahabatan, bergaul lebih baik dengan orang tua, dan melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan sosial yang diminati. Dan yang lebih penting lagi adalah mengubah pikiran-pikiran yang menekan, yang oleh seseorang pakar depresi (Kovacs) disebut vaksinasi psikologi.


Keywords


Kecerdasan Emosional dan Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


“Kecerdasan Spiritual” Harian Kompas. 15 Desember, 2000.

Abdul Majid & Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006.

Agustian, A. G. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: ARGA, 2001.

Ahmad Fauzi. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia, tt.

Ahmad Mudzakir. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Ary Ginanjar Agustian. Emotional Spritual Quotient. Jakarta: Arga, 2008.

Asih Ramila. Hubungan Minat Belajar dan Keadaan Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akutansi Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Annur Pekanbaru. Skripsi. Fakultas FKIP. Universitas Islam Riau, 2010.

Basri Ibrahim. Psikologi Rasulullah dalam Berinteraksi dengan Masyarakat. Kuala Lumpur: Al-Hidayah Publication, 2009.

Daniel Goleman. Emotional Intelligence, terj. T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Daniel Goleman. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. terj. Alex Tri Kantjono. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Djamaluddin Ancok dan Fuat Nahari Suroso. Psikologi Islami Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Hendra Surya. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: PT. Gramedia, 2011.

Hendra Surya. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: PT. Gramedia, 2011.

Ika Maryati. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Keyakinan Diri (Self Efficacy) dengan Kreativitas pada Siswa Akselerasi. Dalam Tesis Master. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008.

Irwanto. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997.

John Gottman, Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001.

John Gottman. Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta PT Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Kartini Kartono. Hygiene Mental. Bandung: Mandar Maju, 2000.

Laurence E. Shapiro. Mengajarkan Emosional Inteligensi pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997.

Murjono. Inteligensi dalam hubungan Dengan Prestasi Belajar. dalam Journal Anima, Vol. 2, 1996.

Prawitasari. Sumbangan Psikologis Klinis untuk Disiplin Lain. Yogyakarta: UGM, 1985.

Sarlito Wirawan Sarwono, Pengantar Umum Psikologi.Jakarta: Bulan Bintang, 1982.

Sia Tjundjing. Hubungan antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Study Pada Siswa SMU. Journal Anima. Vol. 17. No 1. UPI Surabaya, 2001.

Sia Tjundjing. Hubungan antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Study Pada Siswa SMU. Journal Anima, Vol. 17, No. 1. UPI Surabaya, 2001.

Sumadi Suryabrata. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo, 2012.

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali. Pers, 2011.

WS Winkel. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

Copyright of HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam P-ISSN: 2085-8663, E-ISSN: 2450-5611

 
Published by :
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 082214220067
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License
HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View HIKMAH Stats