FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X C SMA NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Ahmad Zamhuri

Abstract


Fakta yag terjadi dikelas X C di SMA Negeri  I  XIII koto Kampar kabupaten Kampar terlihat rendah pengusaan siswanya terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala yaitu; pada tes formatif siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal  (KKM) 16 orang (42,10%). Pada ujian mid semester siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 16 orang (42,10%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi rendahnaya penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X C SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya kemauan siswa, kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam, selain itu orang tua kurang memberikan dorogan dan perhatian kepada anaknya, siswa tidak memiliki buku paket Penidikan Agama Islam, siswa jarang membaca buku Pendidikan Agama Islam. Sedangkan faktor yang paling dominan mempengaruhi rendahnya penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X C SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar adalah siswa jarang membaca buku Pendidikan Agama Islam sebelum megikuti pembelajaran.


Keywords


Materi, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendidikan, ED.7. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2007.

Abu Ahmadi, Joko Tri Prasetya dan Maman Abdul Jalil. Strategi Belajar Mengajar, Cet, 2. Bangdung: Putaka Setia, 2005.

Ahmad A.K. Muda. Kamus lengkap Bahsa Indonesia. Realiti Publisher, 2006.

Syaiful Bahra Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar mengajar, Ed. Revisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Syaiful Bahra Djamarah. Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta, 1999.

Djiwanto dan Siti Wuryani. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Garsindo, 2002.

Rustiyah NK. Didaktik Motodik. Jakarta: Bina Aksara, 1989.

Muhibbin Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2003.

Mustaqim Abdul Wahid. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

M. Joko Susilo. Gaya Belajar Menjadi Makin Pintar. Yokyakarta: Pinus, 2006.

Sardiman A. M. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Pers, 1992.

Surya Subrata dan Sumadi. Psokologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada, 1993.

Syaiful Bahri Djamarah. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional, 1996.

Ruslan A. Gani. Bimbingan Penjurusan. Bandung: Bina Aksar, 1986.

Nana Sudjana. Penilaian Proses Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 1992.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

Copyright of HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam P-ISSN: 2085-8663, E-ISSN: 2450-5611

 
Published by :
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 082214220067
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License
HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View HIKMAH Stats