PEMBENTUKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF IBNU MISKAWAIH (Analisis Pendekatan Pedagogis-Psikologis)

Raja Lotung Siregar

Sari


Pendidikan akhlak menjadi semakin mendesak untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan kita mengingat berbagai macam prilaku yang non-edukatif kini telah menyerambah dalam lembaga pendidikan kita, seperti fenomena kekerasan, pelecehan seksual, bisnis mania lewat sekolah, korupsi dan kesewenang-wenangan yang terjadi di kalangan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana cara menanamkan nilai-nilai tentang prilaku yang baik menurut pandangan Ibnu Miskawaih, bagaimana mengarahkan anak untuk bersedia melakukan tindakan yang sesuai dengan akhlak karimah menurut pandangan Ibnu Miskawaih. Penelitian ini merupakan penelitian (Library Research) yang memfokuskan objek kajiannya berupa sumber-sumber teoretis yang bersifat tertulis. Metode penelitian ini menggunakan content analysis, metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, dan teknis analisis data dengan menggunakan content analysis dengan cara Deskriftif Analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibnu Miskawaih mengemukakan bahwa menanamkan nilai tentang prilaku yang baik dengan mentaati syariat agama, pujian, pembiasaan, perjuangan keras dan berat. Dalam metode ini sangat dibutuhkan peran orang tua dan guru dalam menanamkan nilai tentang prilaku yang baik kepada anak. Dalam mengarahkan anak untuk bersedia melakukan tindakan yang sesuai dengan akhlak karimah dengan memperbaiki kekurangan anak, rasa malu pada anak bukti perilaku yang baik, menghafal tradisi dan syair yang baik.


Kata Kunci


Pembentukan Akhlak, Perspektif, Ibnu Miskawaih

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


A. Doni Koesoema. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2010.

Abdullah Nashih Ulwan. Kaidah-Kaidah Dasar. Terj. Khalilullah Ahmas Masjkur Hakim. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1997.

Abdurrahman An-Nahlawi. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Mayarakat. Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Ahmad Tafsir. Pendidikan Agama dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Alwisol. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press, 2009.

Andi Hakim Nasution et al. Pendidikan Agama dan Akhlak Bagi Anak dan Remaja. Ciputat: Logos, 2001.

Burhan Bungin. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Fuad Ihsan. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Gede Raka et al. Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.

Ibnu Miskawaih. Tahdzib al-Akhlak. Bairut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1985.

___________, Al-Fauz al-Asghar. Bairut: tp, 1319 H.

M. Athiyah al-Abrasyi. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Terj. H. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry. Jakarta: Bulan Bintang, 1984.

Muhammad Syarif As--Shawwah. ABG Islami Kiat-Kiat Efektif Mendidik Anak dan Remaja. diterjemahkan oleh Ujang Tatang Wahyuddin. Bandung: Pustaka Hidayah, 2003.

Nasutian, Andi Hakim et al. Pendidikan Agama dan Akhlak Bagi Anak dan Remaja. Ciputat: Logos, 2001.

Syaikh Muhammad Al-Gazali. Akhlak Seorang Muslim. Terj. Wawan Junaidi Soffandi. Jakarta: 2004.

Uyoh Sadulloh. Pedagoggik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta, 2010.

Wina Sanjaya. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009.

Zainuddin et.al. Seluk Beluk Pendidikan al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

Copyright by: HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 

E-ISSN: 2085-8663



Published by:

Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai

Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pagaraian Kec. Rambah Kab. Rokan Hulu

Telp. 082214220067

Faks-

e-mai: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com