PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Pipin Armita, Asrizal -

Sari


Pendidikan Islam sangatlah penting, karena merupakan hal dasar untuk diberikan kepada semua peserta didik tanpa terkecuali sebagai bekal untuk memahami dan menjalani kehidupan. Pentingnya mempelajari ilmu agama ini bermakna luas, tidak memandang kondisi seseorang baik dia normal ataukah memiliki keterbatasan, baik fisik, mental maupun kelainan dalam berperilaku, dalam hal ini disebut dengan anak berkebutuhan khusus (ABK). Jadi anak-anak dengan kebutuhan khusus seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, dan anak-anak berkesulitan belajar juga memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reserch) atau studi dokumentasi. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk mendapatkan konsepsi kebijakan teori atau doktrin, dan pemikiran konseptual. Riset pustaka yang membatasi kegiatan hanya kepada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja, sedangkan data-data wawancara dipergunakan untuk mengkonfirmasi dan memperjelas (klarifikasi) data-data yang diperoleh dari pustaka tersebut. Hasilnya adalah pelaksanaan Pendidikan Islam terhadap anak berkebutuhan khusus tidak dapat hanya dilihat sebelah mata saja, tetapi harus adanya keseriusan berbagai pihak yang menangani pendidikan. Metode yang dapat dilakukan pada anak berkebutuhan khusus yaitu metode pembiasaan, nasihat, dan keteladanan dengan pendekatan perilaku (behaviorial approach), dimana para pendidik berperan dalam melakukan perbaikan perilaku anak-anak tersebut, lebih dominan kepada menanamkan aspek akhlak atau perilaku yang sesuai dengan Pendidikan Islam.


Kata Kunci


Pendidikan, Pendidikan Islam, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdul Majid. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Abdullah Nasih Ulwan. Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam II. Semarang: Ast-Syifa’, 1995.

Abdullah Shonhaji, dkk. Terjemah Sunan Ibnu Majah. Semarang: Asy-Syifa, 1992.

Abdurrahman Saleh Abdullah. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Ahmad Marimba D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT Al-Ma’arif, 1981.

Anwar Masy’ari. Akhlak Al-Qur’an. Surabaya: PT Bina Ilmu, 2010.

Budi Pranoto. “Anak Autis Manusia Super Segudang Peluang”. Majalah Psikologi, Juni 2010.

Jacob Vredenberg. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia, 1986.

Mestetika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Mohammad Efendi. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Nafisah Ibrahim dan Rohana Aldy. Etiologi dan Terapi Tunalaras. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 1995.

Nazarudin. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras, 2002.

Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 1998.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2004.

Sunardi. Ortopedagogik Anak Tunalaras I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2010.

Sunarya Kartadinata. Psikologi Anak Luar Biasa, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2010.

Tadjab, dkk. Dasar-dasar Kependidikan Islam. Surabaya: Karya Aditama, 1996.

Winarno Surachmad. Dasar dan Teknik Research: Pengantar Metodologi Ilmiah. Bandung: Tarsito, 1970.

Zainal Aqih. Menjadi Guru Profesional Berstandar Internasional. Bandung: Trama Widya, 2009.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

Copyright by: HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 

E-ISSN: 2085-8663



Published by:

Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai

Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pagaraian Kec. Rambah Kab. Rokan Hulu

Telp. 082214220067

Faks-

e-mai: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com