PELUANG DAN TANTANGAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Khalilah Ramadhani

Abstract


Perkembangan teknologi yang berkembang pesat telah menghasilkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat meniru kognitif manusia. Kemajuan AI juga telah berdampak pada pendidikan. Pemanfaatan AI dapat menghasilkan peluang yang mendukung pendidikan. Namun, penggunaannya juga dapat menimbulkan tantangan di dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode literatur atau studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peluang AI dalam pembelajaran telah membantu personal pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar, sekaligus menjadi asisten virtual yang memberikan kemudahan menyelesaikan tugas dan permasalahan. Namun, tantangan yang di hadapi dapat berupa terbatasnya sumber daya dan biaya, keterbatasan AI sehingga ketidak amanan privasi pengguna, hingga kurangnya literasi AI dikalangan pendidik.


Keywords


Artificial Intelligence (AI), Pembelajaran, Peluang, Tantangan

Full Text:

PDF

References


Aziz, R. A., Fitriyanti, Y., Darnoto, D., & Rohman, F. (2023). Tantangan pendidikan karakter Islami di era teknologi artificial intelligence. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 20(1).

Gusli, R. A., Zakir, S., & Akhyar, M. (2023). Tantangan Guru terhadap perkembangan teknologi agar memanfaatkan Artificial Intelligence dalam meningkatkan kemampuan siswa. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 229-240.

Irsyad, M., & Zakir, S. (2023). Transformasi AI dan Kurikulum: Tantangan Pendidikan Islam menghadapi Abad ke-21. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), 156-170.

Jafar, M., Asfar, A. M. I. T., & Asfar, A. M. I. A. (2024). Artificial Intellegence dalam Pendidikan dan Penelitian: Tantangan dan Solusi Menghadapinya. Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesia, 1, 1-9.

Labobar, J., & Malatuny, Y. G. (2024). ARTIFICIAL INTELLIGENCE: Tantangan Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 6(1), 39-50.

Mangasak, A., & Angelin, R. (2023). Tantangan Dan Peluang Artificial Intelligence (Ai) Untuk Masa Depan. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 26-34.

Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192-5201.

Masrichah, S. (2023). Ancaman dan peluang artificial intelligence (AI). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(3), 83-101.

Najib, A. C. (2024). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam di Era Modern dalam Penggunaan Artificial Intelligence (AI): Challenges for Islamic Religious Education Teachers in the Modern Era in the Use of Artificial Intelligence (AI). TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 146-151.

Nurhayati, R., Nur, T., Sudirman, P., Adillah, N., & Urva, M. (2024, October). Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Artificial Intelligence (AI). In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 3, pp. 1-7).

Ramadhani, K. (2022). Model Pembelajaran Abad 21: Teori dan Praktik. Purwokerto: Pena Persada. http://tinyurl.com/Model-Pembelajaran-Link

Ritonga, A. W., Ramadhani, K., Prihantini, T., & Desrani, A. (2024). Perkembangan Digital : Upaya Orang Tua Dalam Mencegah Degradasi Akhlak Anak. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i1.715

Rochim, A. A. (2024). Kecerdasan Buatan: Resiko, Tantangan Dan Penggunaan Bijak Pada Dunia Pendidikan. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 3(1), 13-25.

Rochmawati, D. R., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, 2(1), 124-134.

Sari, A. K., Amin, K., & Isnanimataka, M. I. (2024, August). Etika Artificial Intelligence (AI) dalam Pendidikan Islam: Mengatasi Tantangan Distorsi dan Misinterpretasi. In Proceeding International Conference on Tradition and Religious Studies (Vol. 3, No. 1, pp. 350-359).

Sinaga, M. (2024). Peran dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Keguruan Dan Pendidikan (Snkp) (Vol. 2, No. 1, pp. 115-121).

Subiyantoro, H., Hartono, R., Fitriati, S. W., & Faridi, A. (2023, June). Dampak kecerdasan buatan (AI) terhadap pengajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi: Tantangan dan peluang. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 6, No. 1, pp. 346-349).

Taruklimbong, E. S. W., & Sihotang, H. (2023). Peluang dan tantangan penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26745-26757.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i2.1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Slot gacor

Slot Gacor Hari ini

macau 4d situs toto situs togelsitus togel online