PENGARUH DISIPLIN KERJA GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH FATHUL ANWAR KECAMATAN TAMBUSAI KABUPATEN ROKAN HULU

Ahmad Zamhuri

Abstract


Peneliatian ini dilatar belakangi disiplin kerja guru mata pelajaran Aqidah Akhlaq terhadap hasil belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Fathul Anwar Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Padahal guru telah disiplin dalam proses belajar aqidah akhlaq.berdasarkan temuan ini, maka maka penulis mengadakan penelitian berjenis deskriptif kuantitatif, yakni penelitian yang menggunakan angka untuk memperoleh dan mangungkapkan data yang sebenarnya, selaini itu penilitian ini tergolong pada penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah 1 guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan seluruh siswa kelas VIIA, VIII A dan IXA di MTs Fathul Anwar Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 134 siswa  Dalam pengambilan sampel, jika populasinya kurang dari 100 orang, maka sampel lebih baik diambil semuanya (total sampling) sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data peneletian menggunakan angket wawacara dan dokumentasi. Sementara  tekni analisa data penelitian ini mengguanakan rekresi liner sederhana dengan rumus.  Rumus : Y = a + bX + e. Untuk memudahkan data tersebut diatas penulis bantuan Program SPSS.21 For windows. dari hasil data yang menunjukan t hitung > t tabel atau, 4,91  > 2,04, dengan demikian maka Ha diterima dan H0 di tolak, sedangkan besarnya pengaruh kedua variabel yakni mencapai 42,3% sedangkan sisanya 57,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini. Dengan dapat disimpulkan bahwa tedapat pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja guru mata pelajaran akidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MTs Fathul Anwar Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu.

Keywords


Disiplin Kerja, Hasil Belajar Aqidah Akhlaq

Full Text:

PDF

References


Amir Daen Indra Kusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan Jakarta: Usaha Nasional, 1973.

Agus Suyanto, Bimbingan Kearah Belajar Sukses, Jakarta, Angkasa Baru, 1998.

Anas Sudijono. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: PT. Raja, 2007.

Malayu Hasibuan, Organisasi dan Motivasi, Bandung: Bumi Aksara, 2005.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rajawali Press, 2006.

Nana sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 2005.

Soetjipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Slameto, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2010

Sisdiknas, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2006.

Siswanto, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v8i1.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d