SEJARAH SOSIAL PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA KENABIAN

Wahyu Nurdiyati, Erna Mufidah M, Nashiiruddin Addaai, Agus Ishom, Choirul Mahfud

Abstract


Perkembangan sejarah pendidikan Islam banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial dan  budaya yang ada di masyarakat sekitar. Pendidikan Islam pada zaman Rasulullah tidak lepas dari faktor sosial dan budaya masyarakat kala itu. Pendidikan dan pengajaran Islam berisikan nilai-nilai ketauhidan, ibadah, akhlak, syariah, dan sosial budaya kemasyarakatan bahkan tata kelola bernegara. Lahirnya sistem pendidikan Islam tentu saja telah dipersiapkan Allah SWT agar manusia kembali kepada fitrahnya sebagai khalifah fil ard yang berarti pengganti di muka bumi. Khalifah disini dapat diartikan sebagai manusia makhluk yang mempunyai akal pikiran, menjunjung nilai-nilai kebenaran dan  beriman kepada Allah dan mampu menjaga bumi dari kerusakan. Melalui Muhammad SAW, Allah telah memberi mandat kepadanya untuk membimbing manusia melalui jalam pendidikan dan pengajaran agar manusia dapat berperan menjadi khalifah dimuka bumi, beriman kepada Allah serta menjalankan kewajiban beribadah kepadaNya.

Keywords


sejarah sosial, Pendidikan Islam, dan Era Rasulullah

Full Text:

PDF

References


Aizid, Rizem. Sejarah Peradaban Islam Terlengkap.Yogyakarta: DIVA Press, 2015.

Al-Usairy, Ahmad, Sejarah Islam, Jakarta: Akbar Media, 2011.

As-Ṣalābi, Alī Muḥammad, As-Sīrah an-Nabawiyyah, Beirut: Darul Ma’rifah, 2008

Bashori, Fazlur Rahman; Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Dunia Modern, Jurnal Hikmah, Vol 5, No 1 (2016).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Engku, Iskandar, & Zubaidah, Sejarah Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Harun, Maidir, Sejarah Peradaban Islam, Padang: IAIN IB Press, 2002.

Jannah, M, Sya’adah, Saputra, Mahfud, Sejarah reformasi pendidikan Islam di Indonesia, Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 8 (1), 38-46.

M. Yakub dkk, Sejarah Peradaban IslamPendekatan periodesasi, Medan Perdana Publishing, 2015.

Mahfud, C. 2018. Chinese Muslim Community Development in Contemporary Indonesia: Experiences of PITI in East Java. Studia Islamika, 25(3), 471-502. doi:https://doi.org/10.15408/sdi.v25i3.6755.

Mahfud, Choirul, Politik Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016

Malik, Mifhul Asror, Catatan Harian Rasulullah, Yogyakarta: Real Books, 2013.

Maryam, Siti, dkk. Sejarah Peradaban Islam. Yogyakarta: LESFI, 2012.

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2010.

Setiawan, Agung Ibrahim, dan Pratama, M. Al Qautsar, Karakteristik Pendidikan Islam Periode Nabi Muhammad Di Makkah dan Madinah Nalar: Jurnal Peradaban dan Pemikiran IslamVol. 2, No. 2, Desember 2018.

Sunanto, Musyrifah, Sejarah Islam Klasik: Perkembangan Ilmu Pengetahuan Klasik, Jakara: Prenada Media, 2003.

Syadid, Muhammad, Konsep Pendidikan Dalam Alquran. Jakarta: Penebar Salam, 2001.

Thohir, Ajid, Kehidupan Umat Islam Pada Masa Rasulullah SAW., Bandung: Pustaka Setia, 2004.

Thohir, Ajid, Sirah Nabawiyah: Nabi Muhammad SAW. dalam Kajian Ilmu Sosial Humaniora, Bandung: Marja, 2014.

Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo, 2001.

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam, PT. Hidakarya Agung, 1992.

Zuhairini, et.al., Sejarah Pendidikan Islam. Ditjen Binbaga Islam Depag RI 1986.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v8i1.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d