ARAH PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013

Raja Lottung Siregar

Abstract


Standar Nasional Pendidikan seharusnya ditetapkan berdasarkan konsensus bersama yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari orang tua, guru, tokoh masyarakat, organisasi profesi, universitas, sekolah, lembaga penelitian, lembaga swadaya masyarakat (LSM), pengamat pendidikan, dan perwakilan peserta didik. Pelibatan masyarakat ini diarapkan dapat melahirkan dialog yang produktif antara sistem pendidikan dengan stakeholder. Jika dialog ini dilakukan secara efektif, maka akan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat terhadap mutu pendidikan nasional. Penetapan standar kompetensi dan standar mutu pendidikan nasional merupakan jaminan bagi laju pertumbuhan ekonomi dan peningkatan produktivitas nasional. Disamping itu, merupakan acuan penyelenggaraan serta bentuk akuntabilitas sekolah dan pemerintah daerah kepada masyarakat, yang memberikan kebebasan kepada guru dan kepala sekolah untuk berkreasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Jika standar kompetensi, dan standar mutu pendidikan telah dikembangkan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional, kemudian dituangkan dalam kurikulum, serta ditunjang oleh guru dan kepala sekolah profesional, maka pendidikan diharapkan dapat menghasilkan SDM berkualitas mampu membawa Indonesia keluar dari krisis yang berkepanjangan, serta dapat mengikuti percepatan informasi dalam era globalisasi.

Keywords


Arah, Pengembangan, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Masnur muslich, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Pemahaman dan Pengembangan, Jakarta, Bumi Aksara, 2012.

Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Jakarta, Bumi Aksara, 2010.

Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis, Bandung, Remaja RosdaKarya, 2007, hlm. 91.

Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2014.

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta, RajaGrafindo Persada, 2011.

S. Nasution, Asas-Asas Kurikulum, Jakarta, Bumi Aksara, 2005

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pemblajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta, Kencana, 2009.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v8i1.133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d