PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS DI MADRASAH ALIYAH SWASTA SE-KOTA PEKANBARU

Ade Ariandi Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui begaimana profesionalisme guru pendidikan Islam dalam mengelola kelas di madrasah aliyah swasta se-kota pekanabru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah: Bagaimana profesionalisme guru pendidikan Islam dalam mengelola kelas di madrasah aliyah swasta se-kota pekanbaru ?. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran Pendidikan Islam di madrasah aliyah swasta se-kota pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah profesionalisme guru pendidikan Islam dalam mengelola kelas di madrasah aliyah swasta se-kota pekanbaru. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. yaitu penulis turun kelapangan untuk melihat langsung tentang profesionalisme guru pendidikan Islam dalam mengelola kelas di madrasah aliyah swasta se-kota pekanbaru. Setelah penulis menyajikan data yang di peroleh melalui Observasi dan dokumentasi, kemudian di analisis, maka terjawab permasalahan yang penulis rumuskan pada bab terdahulu di atas. Bahwa profesionalisme guru pendidikan Islam dalam mengelola kelas di madrasah aliyah swasta se-kota pekanbaru termasuk dalam ketegori “baik”, dengan persentase pelaksanaan aspek sebesar 76.25%. Rumus yang penulis gunakan untuk mencari persentase adalah : persentase(P) sama dengan frekuensi (F) dibagi jumlah frekuensi (N) di kali 100% atau dengan lambang sebagai berikut:

P = 100%  Berdasarkan rumus di atas, dapat diketahui bahwa profesionalisme guru Pendidikan Islam dalam mengelola kelas di madrasah aliyah swasta se-kota pekanbaru termasuk dalam ketegori “Baik”, dengan persentase pelaksanaan aspek sebesar 76.25%.

Keywords


Profesionalisme, Guru, Pendidikan Islam.

Full Text:

XML

References


Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikaan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Anas, Soedjiono, Pengantar Statitistik Pendidikan, Ed.1., Jakarta: PT Raja Grafindo Persada ,2009.

A.M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar, Jakarta: Rajawali Press, 2010.

A.Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Darmadi, Hamid Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan Implementasi, Alfabeta, Bandung: 2010.

Daryanto, Belajar dan Mengajar, Bandung: Yrama Widya, 2010.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zein, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT.Rineka Cipta, 2006.

Kunandar, Guru Profesional, Jakarta: Raja Grafindo, 2007.

Mulyasa,E, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep,Karakteristik, dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2003.

_________. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

_________. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Masnur Muslich,Sertifikasi Guru menuju Profesionalisme Pendidik, Jakarta: Bumi Aksara , 2007.

Murhayati, Sri. Pendidik di Era Informasi, Pekanbaru: Potensia Jurnal Kependidikan Islam Volume 3 Fakultas Tarbiyah IAIN SUSQA , 2004.

Rahimsyah, MB & Satyo Adhie, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: Aprindo, 2009.

Sanjaya,Wina, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Edisi Pertama,Cetakan ke-2 Kencana Prenada Media Grup, 2005.

___________, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group , 2006.

Subana dan Sunarti , Strategi Belajar dan Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode Teknik Dan Media Pengajaran, Bandung: Pustaka Setia 2004.

Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Usman, Moh.Uzer. Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT Remaja Rosdakarya 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v8i2.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d