MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELAUI METODE QUANTUM LEARNING DENGAN KONSEP MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SKI SISWA MTS NEGERI DALU-DALU KABUPATEN ROKAN HULU

Hidayati Hidayati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di MTs Negeri Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pemilihan Lokasi ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di di MTs Negeri Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 20 Orang dengan komposisi perempuan berjumlah 12 orang dan laki-laki berjumlah 8 orang.Sedangkan objek penelitian adalah Meningkatkan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Konsep Mind Mapping pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa MTs Negeri Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran quantum learning dengan konsep mind maping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri Dalu-Dalu Kabupaten Rokan Hulu. Hal ini terlihat bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat dari 55% atau mencapai 11 orang siswa yang tuntas pada sebelum tindakan, sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 90,00% atau sekitar 18 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Keberhasilan ini disebabkan penerapan metode pembelajaran quantum learning dengan konsep mind maping yang telah dilaksanakan sesuai dengan RPP.

Keywords


Meningkatkan, Quantum Learning, Mind Mapping, Pelajaran SKI

References


DAFTAR PUSTAKA

De Potter, B. 2001. Quantum Taeaching Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Kaifa. Bandung.

Maulana, G. 2009. Penerapan Quantum Learning Terhadap Hasil belajar Siswa. http://ginanjarmaulana.blogspot.com/. (28 April 2011).

Hamalik.Omar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Herdian, (2009). Model Pembelajaran Mind Mapping.tersedai di: http://www.find docs.com

Saptono. 2010. http://inspirasikin.blogspot.com/2010/02/mind-mapping-dalam-metode-quantum.html

Slameto. 2003. Proses Belajar Mengajar Dalam System Kredit Semester SKS. Bumi Aksara.Jakarta.

Sudjana,Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya:Bandung.

Suprijono, A. 2009. Cooperatif Learning. Pustaka Belajar. Surabaya.

Departemen Pendidikan Nasional, (2005), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, Edisi ketiga

Djamarah, Syaiful Bahri, (1994), Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru, Surabaya : Usaha Nasional

Dimyati dan Mudjiono, (2006), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik, Oemar, (2002), Psikologi Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo

H. Ali, Muhammad (2008), Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo

H. Djaali, (2008), Psikologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara

Yusuf, A. Muri, (2005), Metodologi Penelitian Dasar-dasar Penyelidikan Ilmiah, Padang : UNP Press




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v8i2.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d