PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM ARRISALAH KECAMATAB SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO
Abstract
Pendidikan yang benar dimulai sejak lahir, karena seorang anak akan tumbuh besar sesuai dengan apa yang dibiasakan oleh orang tuanya. Kedua orang tua adalah manusia yang paling dekat dengan anak. Anak akan diarahkan baik atau jahat tergantung tanggung jawab orang tua. Ketika orang tua baik, mungkin anak akan menjadi baik, dan sebaliknya, ketika orang tua tidak baik anak juga akan kurang baik. Hal yang menjadi perhatian orang tua sekarang adalah mempunyai prinsip dan metode dalam mengembangkan kepribadian anak baik dalam aspek akidah, akhlak, fisik, mental maupun sosial, untuk menciptakan keluarga yang penuh kasih, komunikatif dan patuh dalam melaksanakan ajaran agama atau hidup religius.
Tidak ada yang meragukan pendidikan sekolah sangatlah mendukung dan memikul tanggung jawab terhadap anak-anak didiknya. Akan tetapi, tentang siapa yang bertanggung jawab atas pembentukan karakter religius anak sering dipertanyakan. Orang tua dan masyarakat pada umumnya memposisikan dirinya “lepas” dari tanggung jawab Pendidikan Agama Islam dan pembentukan karakter religius. Inilah permasalahan utama Pembentukan karakter religius anak dan Pendidikan Agama Islam yaitu terputusnya tiga jaringan yang saling berhubungan dalam pelaksanaan Pendidikan Agma Islam yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat. Tetapi semuanya menyadari bahwa orang tua memikul tanggung jawab yang paling besar terhadap pendidikan karakter religius anak dan bahwa sekolah dan lembaga masyarakat lain harus membantu dan melengkapi peranan dari orang tua tersebut.
Keywords
Full Text:
XML (Bahasa Indonesia)References
Ali, Prof. H. Mohammad Daud. 2013. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press
Amirah. 2010. Mendidik Anak Di Era Digital (Kunci Sukses Keluarga Muslim). Yogyakarta: LaksBang Pressindo .
Arifin. 2014. Ilmu Pendidikan Islam (Tinjauan Teoritis dan Praktis berdasarkan pendekatan Interdisipliner). Jakarta: Bumi Aksara.
Chalik, Abd. 2015. Pengantar Study Islam. Surabaya: Kopertais V Press.
Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an Terjemah. Jakarta: Al-Huda
Dokumentasi .Sejarah Sekolah Dasar Islam Arrisalah 2003.
Furchan, Arief. 2004. Pengantar Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .
Hujjati, Muhammad Baqir. 2008. Mendidik Anak Sejak Kandungan. Jakarta: Cahaya
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhaimin. 2012. Paradigma Islam (Upaya Mengefektikan Pendidikan Agama Islam di Sekolah). Bandung : Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nashih Ulwan, Dr. Abdullah. 1995. Pendidikan Anak dalam Islam Surabaya: Pustaka Amani
Purwanto, M. Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Salahuddin, Marwan. 2013. Statistika (Metode Analisa Kuantitatif). Ponorogo: Insuri
Semiawan, Prof. Dr. Conny. 2002. Pendidikan Keluarga Dalam Era Global. Jakarta: Prehallindo.
Soleha dan Rada. 2011. Ilmu Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyudi. 2014. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Belukar.
Tafsir, Prof. Dr. Ahmad. 2014. Filsafat Pendidikan Islam (Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tanpa Pengarang. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Ponorogo: LP2M Insuri
Tatang. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Thalib, Muhammad. 2008. Menjadi Orang Tua Pemandu Surga. Yogyakarta: Pro-U Media
Tim Balai Pustaka. 1988-1989. Kamus Bahasa Indonesia.
Tirtaraharja, Dr. Umar. 2005. Pengantar Pendidikan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Rineka Cipta.
Willis, Sofyan S. 2011. Konseling Keluarga (Family Councelling). Bandung: Alfabeta.
Wiyani, Novan Ardy. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.
Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Imam Abu Zakariya. Riyadhus Shalihin.
Zubned. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Yogyakarta: Kencana.
Zuhairini. 1981. Methodik Pendidikan Agama. Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v8i2.147
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.