PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM ARRISALAH KECAMATAB SLAHUNG KABUPATEN PONOROGO

Dwi Restiana

Abstract


Pendidikan yang benar dimulai sejak lahir, karena seorang  anak akan tumbuh besar sesuai dengan apa yang dibiasakan oleh  orang tuanya. Kedua orang tua adalah manusia yang paling dekat  dengan anak. Anak akan diarahkan baik atau jahat tergantung  tanggung jawab orang tua. Ketika orang tua baik, mungkin anak  akan menjadi baik, dan sebaliknya, ketika orang tua tidak baik anak  juga akan kurang baik. Hal yang menjadi perhatian orang tua  sekarang adalah mempunyai prinsip dan metode dalam  mengembangkan kepribadian anak baik  dalam aspek akidah,  akhlak, fisik,  mental maupun sosial, untuk menciptakan keluarga  yang penuh  kasih,  komunikatif dan patuh dalam melaksanakan  ajaran agama atau hidup religius.

 

Tidak  ada  yang  meragukan  pendidikan  sekolah  sangatlah  mendukung  dan  memikul  tanggung  jawab  terhadap anak-anak  didiknya.  Akan  tetapi,  tentang  siapa yang bertanggung  jawab atas  pembentukan  karakter  religius  anak  sering  dipertanyakan. Orang  tua dan masyarakat pada umumnya memposisikan dirinya “lepas” dari tanggung jawab Pendidikan Agama Islam dan pembentukan karakter religius. Inilah permasalahan utama Pembentukan karakter religius anak dan Pendidikan Agama Islam yaitu terputusnya tiga jaringan yang saling berhubungan dalam pelaksanaan Pendidikan Agma Islam yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat. Tetapi  semuanya  menyadari  bahwa  orang tua memikul  tanggung  jawab  yang  paling  besar  terhadap  pendidikan karakter  religius  anak  dan  bahwa  sekolah dan  lembaga masyarakat  lain  harus  membantu  dan  melengkapi peranan  dari orang  tua  tersebut.

Keywords


Pendidikan Agama Islam, Keluarga, Karkter Religius

References


Ali, Prof. H. Mohammad Daud. 2013. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press

Amirah. 2010. Mendidik Anak Di Era Digital (Kunci Sukses Keluarga Muslim). Yogyakarta: LaksBang Pressindo .

Arifin. 2014. Ilmu Pendidikan Islam (Tinjauan Teoritis dan Praktis berdasarkan pendekatan Interdisipliner). Jakarta: Bumi Aksara.

Chalik, Abd. 2015. Pengantar Study Islam. Surabaya: Kopertais V Press.

Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an Terjemah. Jakarta: Al-Huda

Dokumentasi .Sejarah Sekolah Dasar Islam Arrisalah 2003.

Furchan, Arief. 2004. Pengantar Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Hujjati, Muhammad Baqir. 2008. Mendidik Anak Sejak Kandungan. Jakarta: Cahaya

Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhaimin. 2012. Paradigma Islam (Upaya Mengefektikan Pendidikan Agama Islam di Sekolah). Bandung : Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nashih Ulwan, Dr. Abdullah. 1995. Pendidikan Anak dalam Islam Surabaya: Pustaka Amani

Purwanto, M. Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Salahuddin, Marwan. 2013. Statistika (Metode Analisa Kuantitatif). Ponorogo: Insuri

Semiawan, Prof. Dr. Conny. 2002. Pendidikan Keluarga Dalam Era Global. Jakarta: Prehallindo.

Soleha dan Rada. 2011. Ilmu Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyudi. 2014. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Belukar.

Tafsir, Prof. Dr. Ahmad. 2014. Filsafat Pendidikan Islam (Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tanpa Pengarang. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Ponorogo: LP2M Insuri

Tatang. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Thalib, Muhammad. 2008. Menjadi Orang Tua Pemandu Surga. Yogyakarta: Pro-U Media

Tim Balai Pustaka. 1988-1989. Kamus Bahasa Indonesia.

Tirtaraharja, Dr. Umar. 2005. Pengantar Pendidikan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Rineka Cipta.

Willis, Sofyan S. 2011. Konseling Keluarga (Family Councelling). Bandung: Alfabeta.

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.

Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Imam Abu Zakariya. Riyadhus Shalihin.

Zubned. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Yogyakarta: Kencana.

Zuhairini. 1981. Methodik Pendidikan Agama. Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v8i2.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d