ANALISIS PEMAHAMAM GURU TERHADAP CAPAIAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI TINGKAT SMP/MTS

M Sultan Al Rajan, Chaerul Rochman, Ida Farida, Eri Hadiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman guru Pendidikan
Agama Islam dan Non Pendidikan Agama Islam dalam capaian standar pengelolaan
pendidikan di SMP/MTs. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini
mengunakan angket dan telaah pada buku atau jurnal-jurnal yang mendukung dalam
penelitian. Adapun responden dalam penilitan ini berjumlah sepuluh orang yang
terdiri dari lima guru PAI dan lima guru Non-PAI. Setelah data didapat kemudian
diolah dan dianalisis lalu deskripsikan. data yang didapat dari guru PAI dengan skor
prosentase tertinggi yaitu 100% dengan rincian ada empat indikator yaitu 1, 4, 6 dan
7 kemudian skor terendah dengan skor prosentase 85% ada empat indikator yaitu 2, 9,
12 dan 14. Adapun prosentase dari jumlah keseluruhan nilai rata-rata responden yaitu
sebesar 91%. Data yang didapat dari guru Non-PAI yaitu skor prosentase tertinggi
dengan nilai 100% ada tujuh indikator yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 7, dan 12 kemudian skor
terendah dengan skor prosentase 90 ada dua indikator yaitu 6 dan 9. Adapun
prosentase dari jumlah keseluruhan nilai rata-rata responden yaitu sebesar 97%.
Responden dengan skor prosentase terendah yaitu responden 1 dari guru PAI sebesar
75% dan responden 4 dari guru Non-PAI sebesar 93%. Dari semua data yang telah
dianalisis maka dapat dideskripsikan bahwa seluruh responden baik itu guru PAI atau
Non-PAI memahami capaian standar pengelolaan di SMP/MTs dengan baik. Namun
dilihat perbandingannya Guru Non-PAI tingkat pemahamannya lebih tinggi dengan
nilai p

rosentase 97% dibandingkan guru PAI yang memiliki nilai prosentase 91%.
Rekomendasi dari penelitian ini adalah masih perlu diberikan pemahaman terkait
standar pengelolaan ini kepada setiap guru agar lebih memahami serta dapat
membantu dalam penyelenggaraannya.


Keywords


Pemahaman, Guru, Standar Pengelolaan.

References


Abduh, Hasbi. “Perbandingan Pendidikan Di Negara Brunei Darussalam Dan Negara Kesatuan

Republik Indonesia.” HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2016): 01–22.

http://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/20.

Alawiyah, Faridah. “National Standards of Primary and Secondary Education Faridah Alawiyah.”

Aspirasi 8, no. 1 (2017): 81–92.

Anwar, Herson. “Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Perspektif Pengelolaaan Madrasah

Aliyah Swasta.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (2017): 15–27.

Arifin, Z. 2014. Penelitian Pendidikan MetodedanParadigmaBaru.Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah, “Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrah”, 2017

Damanik, Jafriansen. “Upaya Dan Strategi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan.” Jurnal

Dinamika Pendidikan 8, no. 3 (2015): 151. https://doi.org/10.33541/jdp.v8i3.126.

Faishal Haq. 2017. “Analisis Standar Pengelolaan Pendidikan Dasar Dan Menengah”.

EVALUASI, Vol.1, No.1

Hanafie, W & Halik, A. 2016. “Manajemen Pengendalian Mutu Sekolah: Implementasi Pada

Sma Negeri Di Parepare”, Prosiding Seminar Nasonal, Volume 02, Nomor 1

Mulyasa. 2008. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasinya. (Bandung:

Rosda Karya

Purwanto, N. 2010. “Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran". Bandung: Remaja Rosda

Karya

Rahayu, Mugi. “Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Kecamatan

Ngemplak Kabupaten Sleman.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 8, no. 1 (2015): 62–79.

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929.

Rembang, Patrix, Djoni Hatidja, and Hanny Komalig. “Deskripsi Sma/Smk Di Kabupaten

Minahasa Tenggara Berdasarkan Indikator Standar Nasional Pendidikan Berbasis Evaluasi

Diri Sekolah (Standar Sarana Dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan

Pendidikan Dan Standar Penilaian Pendidikan).” Jurnal Ilmiah Sains 17, no. 2 (2017): 117.

https://doi.org/10.35799/jis.17.2.2017.16907.

Saputra, A. 2019. “Profesionalisme Guru Pendidikan Islam Dalam Mengelola Kelas Di

Madrasah Aliyah Swasta Se-Kota Pekanbaru”, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 8 No. 2

Sugiyono. 2008. Metodologi penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v9i1.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Indexed by:

 

Published by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License