PENDEKATAN MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI KEBERAGAMAAN DI SEKOLAH DASAR (SD) SWASTA ANWAR KARIM III KABUPATEN PASAMAN BARAT

Remiswal Remiswal, Nil Khoiro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pendekatan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap toleransi melalui budaya sekolah di Sekolah Dasar (SD) Swasta Anwar Karim Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan hasil penelitian adalah pertama, pendekatan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat mendukung dan memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap pemahaman peserta didik terhadap keberagamaan.  Pembelajaran Pendidikan Agama Islam memberikan kontribusi yang besar kepada peserta didik untuk bisa menerima perbedaan yang ada serta dapat mengembangkan sikap saling menghargai, menghormati dan membangun sikap saling mengerti, saling percaya antar sesamanya. Kedua, Pendekatan multikultural dalam meningkatkan sikap toleransi melalui budaya sekolah di SD Swasta Anwar Karim III terlihat begitu kuat. Hal ini terlihat dari pelaksanaan unsur-unsur toleransi yang diwujudkan melalui program pengembangan diri, perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan melalui pengintegrasian ke dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Peserta didik mendapatkan perlakuan sesuai bakat, minat, dan kemampuannya, memperoleh pendidikan agama sesuai agama yang dianutnya, serta memperoleh penilaian hasil belajar. Pengintegrasian juga diterapkan melalui kegiatan rutin dan kegiatan ekstrakurikuler.


Keywords


Multikultural, Toleransi, dan Keberagamaan

Full Text:

PDF

References


Ashadi, Andri. Multikulturalisme “Berebut Identitas di Ruang Publik”. Padang: Imam Bonjol Press, 2015.

Astutik Haryati. Tri. Islam dan Pendidikan Multikultural. Pekalongan: STAIN Pekalongan, 2009), Volume 4. Nomor 2, 2009.

Bashori, Bashori, ‘Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Multikulturalisme’, Toleransi, 12.1 (2020)

———, ‘Tuhan; Manusia Dan Pendidikan’, Hikmah, 53.9 (2016), 1689–99

Baidhawy, Zakiyuddin. Pendidikan agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga, 2005.

Departemen Agama RI. Mushaf Al-Qur`an dan Terjemah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2008.

Faisal. Hubungan Antar Agama, Hubungan Islam Kristen Menurut Muhammad Natsir. Padang: Hayfa Press, 2011.

Farida, Hatimah. Pentingnya Pendidikan Multikultural dalam Mewujudkan Demokrasi di Indonesia. Yogyakarta: 2008.

Fatchul Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Harto, Kasinyo Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Ihsan, Fuad. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka cipta, 2001.

Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Moeis, Isnarmi. Pendidikan Multikultural Transformatif Integritas Moral, Dialogis, dan Adil. Padang: UNP Press, 2014.

Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

MPR RI, Panduan Kemasyarakatan UUD Negara RI Tahun 1945 dan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia. Jakarta: Sekretariat MPR RI, 2014.

Mudyahardjo, Redja. Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi, Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Nur Aeni, Sofia. Pengembangan Budaya Toleransi Beragama Berbasis Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Purwokerto, 2018.

Octamaya Tenri Awaru, A. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural di Sekolah. Makassar: Universitas Negeri Makassar, 2016.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Soekanto, Soerjono. Kamus Sosiologi. Jakarta: Royandi, 2000.

Soekanto, Soerjono. Kamus Sosiologi. Jakarta: Royandi, 2000.

Suparlan, Pasurdi Pembentukan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Supriatna, Mamat. Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press, 2010.

Suryana, Yaya dan Rusdiana, Pendidikan Multikultural: Suatu Uapaya Penguatan Jati Diri Bangsa, Konsep, Prinsip, dan Implementasi. Bandung: Pusatak Setia, 2015.

Suryana, Yaya dan Rusdiana. Pendidikan Multikultural: Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa Konsep, Prinsip, dan Implementasi. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Tilar, H.A.R. Tilaar, Multikulturalisme Tantangan-tantangan Global Masa depan dalam transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Grasindo, 2004.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v8i2.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Indexed by:

 

Published by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License