PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHIS DI MADRASAH ALIYAH FATHUL ANWAR KABUPATEN ROKAN HULU

Ahmad Zamhuri

Abstract


Tujuan penelitian adalah Untuk mendeskripsikan karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohis di Madrasah Aliyah Fathul Anwar Kabupaten Rokan Hulu dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam bentuk deskriptif kuantitatif yakni penelitian yang menggunakan data angka dalam pengolahannya yang selanjutnya dianalisis dan ditarik sebuah kesimpulan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang ikut kegiatan rohis yakni kelas X dan XII Madrasah Aliyah Fathul Anwar Kabupaten Rokan Hulu yang dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dalam pernyataan dan wawancara. Karakter religius siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rohis menunjukan siswa telah memiliki karakter religius yang baik, sebagaimana hal ini dibuktikan dari hasil penelitian menunjukan siswa sudah mencapai 80,2% dalam sehari-harinya berkarakter religius. Maka hasil ini dapat dikatakan karakter religius siswa sudah baik dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rohis. Maka dari hasil tersebut dapat dinyatakan upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembinaan karakter religius melalui kegiatan rohis sudah dinyatakan baik  dalam pelaksanaanya.


Keywords


Pembeinaan karakter religius, ekstrakurikuler Rohis

References


Anas Sudijono. 2014, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers

Adz-Dzaky, Handani Bajtan. 2002, Konseling dan Psikoterapi Islam, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru

Depdikbud. 2012, Pendidikan Karakter Kumpulan Pengalaman Inspiratif, Jakarta: Depdibud.

Dapartemen Pendidikan dan kebudayaan. 2011, Pendidikan dan Kegiatan Ekstrakurikuler, Jakarta: Depdiknas

E-book Kemendiknas. 2014, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Kemendikbud

Faqih, Ainur Rohim. 2011, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogyakarta: UII Press

Furqon Hidayatullah. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Jakarta: Bumi aksara

Masnur Muslich. 2011, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara

Muhaimin. 2007, Paradigma Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo

. 2007, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah Madrasah, Jakarta: Balai Pustaka

Nurul Zuriah. 2011, Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Persepektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2013, Prosedur Penelitian Sebuah Praktek, Yogyakarta : Rineka Cipta

Riduwan. 2012, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung, Alfabeta

Suyanto. 2010, Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah, Jakarta: Depdikbud

Suryosubroto. 2009, Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Sumidjo Wahjo. 2010, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT. Raja grafindo Persada

Tim Redaksi KBBI. 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v9i2.216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d