PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHIS DI MADRASAH ALIYAH FATHUL ANWAR KABUPATEN ROKAN HULU
Abstract
Tujuan penelitian adalah Untuk mendeskripsikan karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohis di Madrasah Aliyah Fathul Anwar Kabupaten Rokan Hulu dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam bentuk deskriptif kuantitatif yakni penelitian yang menggunakan data angka dalam pengolahannya yang selanjutnya dianalisis dan ditarik sebuah kesimpulan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang ikut kegiatan rohis yakni kelas X dan XII Madrasah Aliyah Fathul Anwar Kabupaten Rokan Hulu yang dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dalam pernyataan dan wawancara. Karakter religius siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rohis menunjukan siswa telah memiliki karakter religius yang baik, sebagaimana hal ini dibuktikan dari hasil penelitian menunjukan siswa sudah mencapai 80,2% dalam sehari-harinya berkarakter religius. Maka hasil ini dapat dikatakan karakter religius siswa sudah baik dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rohis. Maka dari hasil tersebut dapat dinyatakan upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembinaan karakter religius melalui kegiatan rohis sudah dinyatakan baik dalam pelaksanaanya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anas Sudijono. 2014, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers
Adz-Dzaky, Handani Bajtan. 2002, Konseling dan Psikoterapi Islam, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru
Depdikbud. 2012, Pendidikan Karakter Kumpulan Pengalaman Inspiratif, Jakarta: Depdibud.
Dapartemen Pendidikan dan kebudayaan. 2011, Pendidikan dan Kegiatan Ekstrakurikuler, Jakarta: Depdiknas
E-book Kemendiknas. 2014, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Kemendikbud
Faqih, Ainur Rohim. 2011, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogyakarta: UII Press
Furqon Hidayatullah. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Jakarta: Bumi aksara
Masnur Muslich. 2011, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara
Muhaimin. 2007, Paradigma Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo
. 2007, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah Madrasah, Jakarta: Balai Pustaka
Nurul Zuriah. 2011, Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Persepektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2013, Prosedur Penelitian Sebuah Praktek, Yogyakarta : Rineka Cipta
Riduwan. 2012, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung, Alfabeta
Suyanto. 2010, Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah, Jakarta: Depdikbud
Suryosubroto. 2009, Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Sumidjo Wahjo. 2010, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT. Raja grafindo Persada
Tim Redaksi KBBI. 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v9i2.216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.