DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DI MESIR
Abstract
Setiap bangsa memiliki sistem pendidikan. Dengan sistem pendidikan itu, suatu bangsa mewariskan segala pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan sikap, agama dan ciri-ciri watak khusus yang dimilikinya dengan cara tertentu kepada generasi penerusnya, agar mereka dapat mewariskannya dengan sebaik-baiknya. Melalui sistem pendidikan itu, suatu bangsa dapat memelihara dan mempertahankan nilai-nilai luhur serta keunggulan-keunggulan mereka dari generasi ke generasi. Selain sebagai negara yang pernah dijajah Inggris dan Perancis selama beberapa dekade di satu sisi dan sebagai negara Arab Afrika di sisi lain, fakta historis Mesir lama atau kuno, juga tampaknya menjadi faktor yang tidak bisa diabaikan begitu saja dalam membaca Mesir hari ini. Dalam sejarah dunia, Mesir diabadikan sebagai bangsa yang pernah berjaya di masanya. Peradaban Mesir kuno telah menoreh sejumlah prestasi yang hingga kini nyaris tak tertandingi. Piramida, Spink dan Mummi di antaranya, sampai saat ini masih menjadi objek rerearch para ilmuwan di berbagai disiplin ilmu. Untuk itu dalam jurnal ini penulis akan membahas tentang perkembangan pendidikan di Mesir yang meliputi kondisi demografi Mesir, bentuk dan sistem pemerintahan, pembaharuan pendidikan, kebijakan pendidikan, sistem pendidikan, manajemen pendidikan di Mesir dan analisis perbandingan pendidikan Islam di Mesir dan Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmed, Jamal Muhammad, the Intellectual Origins of Egyptian Nasionalism, London: Oxfor Universitas Press, 1960
Ali, Mohammad et.al, Model Pengembangan Pendidikan Tinggi, Pengalaman dari Mesir, Singapura, Jerman, Australia, Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2011
Amin, Ahmad, Zu’amma al-Ishlah fi al-‘Ashr al-Hadits, Cairo: Maktabah al-Nahdah al-Misriyyah, 1965
Assegaf, Abd Rahman, Internasionalisasi Pendidikan Sketsa Perbandingan Pendidikan di Negara-negara Islam dan Barat, Jogyakarta: Gama Media, 2003
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994
Direktorat Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam, Belajar Islam di Timur Tengah
Hidayat, Komaruddin dan Hendro Prasetyo, Prospek dan Problem IAIN, Jakarta: Depag RI, tt
Hitti, Philip K. Histori of the Arab, (London: McMilan Press & Co. Ltd., 1974
Hourani, Albert, Arabic Thought in the Liberal Age 1798-1939, London: Oxford Univ. Press, 1992
Nasution, Harun Islam ditinjau dari berbagai aspek, Jakarta: Bulan Bintang, 1974
_______, Pembaharuan dalam Islam (Sejarah Pemikiran dan Gerakan), Jakarta: Bulan Bintang, 1974
Nur, Agustiar Syah, Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara, Bandung: Lubuk Agung, 2001
Ramayulis, Pembaruan dalam Islam, Batusangkar: Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Batusangkar, 1994
Ramayulis, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2012
Saleh, M. Nurul Ikhsan, “Perbandingan Sistem Pendidikan di Tiga Negara; Mesir, Iran dan Turki”, Jurnal Pendidikan Islam. Volume IV, Nomor 1, Juni 2015/1436
Suwito, Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2008
Zaidan, Jurji, Tarikh Adab al-Lughat al-Arabiyat, Beirut: Dar Maktabah al-Hayat, 1967
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v9i2.217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.