PENCAPAIAN PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SEBUAH TANTANGAN BAGI GURU) KOMPETENSI LULUSAN (SEBUAH TANTANGAN BAGI GURU)

Dian Fitriana, Chaerul Rochman, Ida Farida, Hasan Basri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian standar kompetensi lulusan melalui pemahaman guru PAI dan guru non-PAI pada setiap indikatornya. Jenis penelitian ini merupakan penelitaian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan mengacu pada tujuh indikator standar lulusan dalam bentuk pedoman wawancara menggunakan angket. Pengambilan data menggunakan google form yang disebar kepada 5 guru PAI dan 5 guru non PAI jenjang SMA. Mengumpulkan data otentik dan triangulasi hasil wawancara dengan beberapa guru pada indikator terendah dan menganalisis hasil perbandingan antara guru PAI dan non PAI. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru PAI terhadap indikator standar kompetensi lulusan lebih unggul daripada  guru non PAI. Pencapaian indikator standar lulusan belum sepenuhnya mencapai maksimal, diantaranya mengenai belum ada pengadaan workshop atau seminar dan tidak adanya program/ pelatihan literasi untuk siswa di sekolah.


Keywords


Pendidikan, Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Indikator Standar Kompetensi Lulusan.

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara. BSNP, “Standar Nasional Pendidikan”, Standar Nasional Pendidikan

E. Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Hadiana, D. Penilaian Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,Vol.21,No.1(2015):15-26.

Hakim, Lukman. Pelatihan karya tulis dan majalah dinding bagi siswa madrasah tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram. Jurnal Tranformasi, Vol. 14, No. 2 (2018): 101-110.

Harras, Kholid A. (2011). Family Literacy: Kiat Membutuhkan Potensi dan Kemampuan Literasi Anak-anak. Pentingnya Guru Memahami SKL SD/ MI.

Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, Vol 7, No. 2 (2019).

Maesaroh, Siti. Manajemen Peningkatan Kompetensi Lulusan Di Madrasah. Jurnal Islamic Education Manajemen, Vol. 3, No. 1 (2018): 29-39.

Manual Penetapan Standar Kompetensi Lulusan Universitas Al Azhar

Muhaimin, (2005). Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 230.

Mundiri, A. Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membangun Branding Image. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2 (2016).

Nurul Fauziah, Septy. Nur Faziah, Siti, dkk. Evaluasi Minat Baca Siswa Melalui Program Literasi Sekolah. Nusantara. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 2, No. 1 (2020).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rahma Dewi, Sri. Ernawati. Surtani. Analisis Implikasi Standar Kompetensi Lulusan (Skl) Pada Rpp Mata Pelajaran Geografi Di SMAN Kota Payakumbuh. Jurnal Buana, Vol. 2, No.4 (2018).

Rusman. (2011). Manajemen Kurikulum, Jakarta, RajaGrafindo Persada.

Sevtivia Asrivi, Queen Elvina. Rokhman, Fathur. Dkk. Penerapan Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. JPE (Journal of Primary Education), Vol. 6, No. 3 (2017).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sundari, Retna. Evaluasi Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri Sekabupaten Sleman. Vol. 12, No. 2 (2008).

Yogaswara, Atep. Kontribusi Manajerial Kepala Sekolah Dan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 11, No. 2 (2010).

Zamroni, (2013). Manajemen Pendidikan: Suatu Usaha Meningkatkan Mutu Sekolah. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v9i2.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d