GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGEMBANGAN KTSP
Abstract
Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) di negeri ini, peran guru sebagai pendidik sangatlah penting. Dengan demikian guru dituntut untuk lebih kreatif dan mempunyai kemampuan terutama dalam mengembangkan kurikulum dalam sebuah lembaga pendidikan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang familiar kita dengar dengan KTSP tentunya membutuhkan pengembangan dari berbagai pihak, diantaranya Guru Pendidikan Agama Islam. Pengembangan KTSP mencakup pengembangan program tahunan, program semester, program modul, pokok bahasan, program mingguan dan harian, program pengayaan dan remedial, pengembangan diri (ekstrakurikuler), pengembangan hasil belajar, silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A.M. Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2008.
Ahmad dkk. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Setia. 1998.
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pekanbaru: 2007.
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.
_____________, Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007.
Isjoni. KTSP Sebagai Pembelajaran Visioner. Bandung: Alfabeta. 2009.
Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2007.
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.
__________, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.
__________, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.
__________, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007.
__________, Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.
__________,Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Muslich, Masnur. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontektual. Jakarta: Bumi Aksara. 2007.
Nasution, S. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 1995.
_________, Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditiya Bakti. 2003.
Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana. 2006.
Sujanto, Bedjo. Guru Indonesia dan Perubahan Kurikulum. Jakarta: Sangung Seto. 2007.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v9i2.219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.