Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Mahato Bandar Selamet Kabupaten Rokan Hulu

Siti Rohani, Hidayati -

Abstract


Interaksi teman sebaya dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap motivasi belajar siswa, semakin baik interaksi teman sebaya maka semakin baik pula motivasi belajar siswa. Permasalahan pada latar belakang penelitin ini di latarbelakangi oleh motivasi belajar di MTs Nurul Iman Mahato Bandar Selamet masih terlihat rendah, seperti siswa tidak membawa buku paket serta tidak semangat belajar dengan seringkeluar masuk kelas saat belajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Mahato Bandar Selamet  Kabupaten Rokan Hulu dan untuk mengetahui besar persentase pengaruh interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Mahato  Bandar Selamet Kabupaten Rokan Hulu.

Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Mahato Bandar Selamet  Kabupaten Rokan Hulu


Keywords


Interaksi Teman Sebaya, Motivasi Belajar Siswa

References


Ar-Rifai, Muhammad Nasib. 2000. Kemudahan Dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid III. Jakarta: Gema Insani

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Sebuah Praktek. Yogyakarta : Rineka Cipta

Asrori, Muhammad. 2012. Psikologi pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Departemen Agama RI. 2012. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: PT Syaamil Cipta Media

Gerungan. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Eresco

Gunawan, Muhammad Ali. 2013, Statistik (Untuk Penelitian Pendidikan) Yogyakarta: Parama Publishing

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamisah. 2004. Korelasi Pergaulan sesame siswa (Teman Sebaya) dengan tingkah laku siswa SD Negeri 003 Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru, Skripsi tidak diperjualbelikan

Hartono. 2010. Analisis Intem Instrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing

Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hasman. 2006. Pendidikan Keluarga. Bandung: Alfabeta

Ilhamsyah, 2014, Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Soiswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Sekolah Menengah Petama Negeri 5 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Skripsi Tidak diperjual belikan

Ibrahim & Syaodih, Nana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Iskandar. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Prees

Jusniar. Pengaruh Penggunaan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng (Studi pada Materi Pokok Perhitungan Kimia). UNM: FMIPA

Kunandar. 2014. Guru Profesional. Jakarta: Raja Wali Pers

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya

Monks, FJ. 2006. Psikologi Perkembangan. yogyakarta : Gajah Mada

Mudjiono, Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ormrod, Jeane Ellis . 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga

Prayitno, Duwi. 2010. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta: Andi

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung, Alfabeta

Santrock, John W. 2003. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga

Sardiman. 2016. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Save, M Dagun. 2002. Psikologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sobur, Alex. 2011. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka setia

Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta

Surya, Muhammad. 2013. Psikologi Guru Konsep Dan Aplikasi Dari Guru untuk Guru. Bandung: Alfabetaa

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tohirin. 2003. Psikologi Pembelajaran PAI. Jakarta: Sarana Mandiri Offset

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya cetakan kesembilan. Jakarta: Bumi Aksara

Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v9i2.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d