Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Mahato Bandar Selamet Kabupaten Rokan Hulu
Abstract
Interaksi teman sebaya dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap motivasi belajar siswa, semakin baik interaksi teman sebaya maka semakin baik pula motivasi belajar siswa. Permasalahan pada latar belakang penelitin ini di latarbelakangi oleh motivasi belajar di MTs Nurul Iman Mahato Bandar Selamet masih terlihat rendah, seperti siswa tidak membawa buku paket serta tidak semangat belajar dengan seringkeluar masuk kelas saat belajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Mahato Bandar Selamet Kabupaten Rokan Hulu dan untuk mengetahui besar persentase pengaruh interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Mahato Bandar Selamet Kabupaten Rokan Hulu.
Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Mahato Bandar Selamet Kabupaten Rokan Hulu
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ar-Rifai, Muhammad Nasib. 2000. Kemudahan Dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid III. Jakarta: Gema Insani
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Sebuah Praktek. Yogyakarta : Rineka Cipta
Asrori, Muhammad. 2012. Psikologi pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Departemen Agama RI. 2012. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: PT Syaamil Cipta Media
Gerungan. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Eresco
Gunawan, Muhammad Ali. 2013, Statistik (Untuk Penelitian Pendidikan) Yogyakarta: Parama Publishing
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamisah. 2004. Korelasi Pergaulan sesame siswa (Teman Sebaya) dengan tingkah laku siswa SD Negeri 003 Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru, Skripsi tidak diperjualbelikan
Hartono. 2010. Analisis Intem Instrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing
Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Hasman. 2006. Pendidikan Keluarga. Bandung: Alfabeta
Ilhamsyah, 2014, Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Soiswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Sekolah Menengah Petama Negeri 5 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Skripsi Tidak diperjual belikan
Ibrahim & Syaodih, Nana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Iskandar. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Prees
Jusniar. Pengaruh Penggunaan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng (Studi pada Materi Pokok Perhitungan Kimia). UNM: FMIPA
Kunandar. 2014. Guru Profesional. Jakarta: Raja Wali Pers
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya
Monks, FJ. 2006. Psikologi Perkembangan. yogyakarta : Gajah Mada
Mudjiono, Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ormrod, Jeane Ellis . 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga
Prayitno, Duwi. 2010. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta: Andi
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung, Alfabeta
Santrock, John W. 2003. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga
Sardiman. 2016. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Save, M Dagun. 2002. Psikologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sobur, Alex. 2011. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka setia
Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta
Surya, Muhammad. 2013. Psikologi Guru Konsep Dan Aplikasi Dari Guru untuk Guru. Bandung: Alfabetaa
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tohirin. 2003. Psikologi Pembelajaran PAI. Jakarta: Sarana Mandiri Offset
Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya cetakan kesembilan. Jakarta: Bumi Aksara
Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v9i2.223
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.