EVALUASI PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS EMPAT SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS (SDIP) YLPI PEKANBARU

Sarmadhan Lubis

Sari


Pendidikan adalah proses perubahan sikap dan perilaku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan bisanya disebut dengan pengajaran, karena pendidikan pada umumnya membutuhkan pengajaran dan setiap orang berkewajiban mendidik. Dalam kegiatan proses belajar disekolah untuk menyampaikan materi kepada siswa guru berperan penting untuk membimbing dan mengajarkan siswa. Pembelajaran matematika saat ini karena adanya covid 19 (Corona Virus Disease) maka pembelajaran sangat tidak efisien dan dan tidak dapat bertatap muka secara langsung antara guru, siswa dan teman-temannya. Oleh karna itu karena pandemi covid 19 ini siswa diminta belajar dirumah dengan menggunakan daring media sosial (online). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemudahan dan kendala pembelajaran online matematika Kelas Empat Sekolah Dasar Islam Plus (SDIP)  YLPI Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mengambil lokasi di Sekolah Dasar Islam Plus (SDIP)  YLPI Pekanbaru. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduction, d display, dan conclusion. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara observasi bahwa pembelajaran online merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa dengan mengakses jaringan internet dan menggunakan media sosial untuk saling bertukar informasi dan interaksi dengan menggunakan aplikasi whatsApps. Kemudahan pembelajaran online antara lain bagi guru hasil belajar siswa dapat diketahui secara langsung, kegiatan belajar tidak terbatas jarak, waktu dan tempat, dalam proses belajar dapat didampingi oleh orang tua, siswa dapat mengakses jaringan internet, siswa dapat memanfaatkan media yang ada dilingkungan sekitanya, memiliki banyak waktu dengan keluarga. Sedangkan kendala yang dialami guru dan siswa antara lain guru dalam mengevaluasi kegiatan belajar guru harus lebih fokus dan teliti, siswa atau orang tuanya tidak memiliki telepon genggam berbasis android, siswa atau orang tua tidak memiliki paket data internet, sulit memahami materi yang disampaikan guru lewat media online, kurangnya pemahaman orang tua sehingga mereka tidak dapat mengajarkan kepada anaknya, jaringan internetnya yang tidak stabil.


Kata Kunci


Pembelajaran, Online, Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albert Efendi Pohan. ( 2020 ). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: Sarnu Untung.

Cepi Riyana, M.Pd. Modul1, Konsep Pembelajaran Online.

Feni Hikmawati, (2017). Metodologi Penelitian, Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

H. Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati. (2007). Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Isman. (2016). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Jawa Tengah: Sarnu Untung.

Hasratuddin, Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika, Dalam Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol 6 No. 2.

Https:// Www. maxmanroe. com/ vid /manajemen/ pengertian- evaluasi. Html.

Https://www. Guru pendidikan. co. id/ pengertian- matematika

https://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/kemudahan , (diunduh pada tangga 15 Nopember 2020)

https:// www. google. com/ search? client= firefox- b-d&q= dasar+ hukum+ pembelajaran+ daring

Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar, Jakarta, PT: Bumi Aksara.

Rukaesah A. (2016). Maolani, Ucu Cahyani, Metodologi Peneleitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rukaesah A. Maolani, Ucu Cahyani. ( 2016). Metodologi Peneleitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rizal Dairi, ( 2008). Metodologi Penelitian.. Pekanbaru: UIR Pres.

S Rita Andri Ani Dalam Skripsi, Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Metro PusatCepi Riyana, M.Pd. Modul1, Konsep Pembelajaran Online,

Sugiono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen, (2010). Pedoman penulisan Skripsi Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau Pekanbaru. Pekanbaru : UIR Pres.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

Copyright by: HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 

E-ISSN: 2085-8663



Published by:

Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai

Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pagaraian Kec. Rambah Kab. Rokan Hulu

Telp. 082214220067

Faks-

e-mai: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com