MEMAHAMI TENTANG MODEL, STRATEGI, METODE, PENDEKATAN, TEKNIK, DAN TAKTIK

RAJA LOTTUNG SIREGAR

Abstract


Proses pembelajaran di sekolah yang dilakukan guru dalam mentransfer ilmu kepada siswa tidak akan terlepas dari model, strategi, metode, pendekatan, teknik, dan taktik. Jika hal tersebut dapat dikuasai guru dengan baik, maka pembelajaran akan menarik dan menyenangkan. Selain dari itu juga akan memberikan kemudahan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah sehingga pesan yang disampaikan akan dipahami siswa. Dengan demikian apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran. Jadi, model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.

Keywords


Model, Strategi, Metode, Pendekatan, Teknik, Taktik

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana.

Arifin, M. 2003. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Istarani, 2014. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Martinus Yamin dan Bansu I. Ansari. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Ciputat: Referensi.

May, Asmal. 2012. Pengembangan Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam. Pekanbaru: Suska Press.

Nuha, Ulin. 2016. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab Super Efektif, Kreatif, Dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto dan Asep Djihad. 2012. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Wina Sanjaya, 2009. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

____________, 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v10i1.251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Slot gacor

Slot Gacor Hari ini

macau 4d situs toto situs togelsitus togel online
situs togel
situs togel