PERBANDINGAN TINGKAT DISIPLIN ANTARA SANTRI PUTRA DAN SANTRI PUTRI DI PONDOK MODERN ARRISALAH SLAHUNG PONOROGO

Finna Baity Jannah, Eriza Choirotin Nafi’ah, Ayu Lika Rahmadani

Abstract


Pondok Modern Arrisalah telah menetapkan peraturan yang wajib di jalani oleh seluruh santri yang berada di dalam pondok. Setiap aktivitas yang dilakukan oleh santri diatur oleh kebijakan dari pihak pimpinan pondok yang bertujuan untuk membentuk jiwa indepedensi dan ketaatan dalam diri setiap santri. Dengan demikian banyaknya peraturan yang dirancangkan pengurus dalam menerapkan hukuman supaya bermanfaat bagi pesantren dan jiwa independensi santri yang melanggar setakar dengan berat ringannya kesalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan tingkat disiplin antara santri putra dan santri putri di Pondok Modern Arrisalah Slahung Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi adalah santri putra dan putri kelas XII  tahun ajaran 2021, yang berjumlah 24 santri putra dan 24 santri putri seluruhnya diteliti. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik test “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dihitung dengan test “t” diperoleh angka koofisien -0,852 kemudian dikonsultasikan dengan angka koofisien pada tabel harga kritik d.b 46 dan Taraf signifikasi 5%  yakni 0,679 maka angka koofisien dari hasil penelitian lebih besar dari angka koofisien dalam harga tabel kritik (-0852>0,679). Dengan demikian penegakkan disiplin antara santri putra dan santri putri di Pondok Modern Arrisalah Slahung Ponorogo tidak sama.

Keywords


Kedisiplinan Santri, Peraturan, Hukuman

Full Text:

PDF

References


Anshari, Hanafi. 1993. Pengantar Ilmu Pendidikan. (Surabaya: Nasional).

Betty Adinda Wijaya. ‘Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Sikap Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Darun Najah Ngijo Malang’, Jurnal Pendidikan Islam, 4.8 (2019).

Majid, Abdul dan Dian Andyani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Muhammad Anas Ma’arif, “Hukuman (Punishment) dalam Perspektif”, Jurnal, Vol. 05. No. 01 (Juni, 2017),

Saffiruddin Al-Baqi, Faktor Pendukung Motivasi Berperilaku Baik Disiplin Santri Pondok Pesantren, Vol. 01 No. 01 (E-journal Unida)

Salahuddin, Marwan. 2016. Statiska Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Q Media).

Shocib, Moh. 1997. Pola Asuh Orang Tua. (Jakarta: Rineka Cipta).

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. (Jakarta: Grasindo)

Ummi Sa’adah, “Hukuman dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren”, Jurnal, Vol. 04 No. 01 (Januari-Juni 2017).

Widyaningrum, Retno. 2013. Statistika. (Yogyakarta: Pustaka Felicha).




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v10i2.284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d