IMPLEMENTASI STANDAR PROSES PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU

HIDAYATI -, Arfan Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Standar Proses Pendidikan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun waktu penelitian ini berlangsung selama tiga bulan setelah seminar proposal. Jenis Penelitian ini adalah bersifat deskripsif kualitatif yang bertujuan memberikan gambaran secara sistematis tentang keadaan yang sedang berlangsung pada obyek penelitian yaitu Implementasi Standar Proses Pendidikan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islamdi SMK Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Adapun yang menjadi informan penelitian ini adalah guru PAI yang berjumlah 1 orang guru, Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasilwawancara observasi dan dokumentasi mengenai penelitian dapat disimpukan bahwa Implementasi Standar Proses Pendidikan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islamdi SMK Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulusudah terlaksana dengan “Baik” dengan persentase 99.33%.

Keywords


Implementasi, Standar, Proses, Pendidikan, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2008

Binti Rohmawati. Strategi Implementasi Standar Proses Pendidikan pada Madrasah Aliyah Darui Hikmah dan Madrasah Aliyah Al Kautsar Pekanbaru. UIN Malang, 2012.

Didiet Chandra Ariadi. Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Biologi di SMA Se-K.ota Magelang. Skripsi: Jurusan Biologi FMIPA UNNES, 2015.

Ella Yulawati. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung; Pakar Raya, 2004.

Kunandar. Guru Profesional. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.

Lexy J. Moleong.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung; Remaja Rosdakarya, 2005.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002)

Nurhadi. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban).Jakarta; Grasindo, 2004.

Rusman. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: RajagRafindo Persada, 2012.

Salim. Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Biologi di SMA Se-Kota Magelang. Tesis: Magister Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga 2011.

Salinan PERMENDIKBUD No. 22 Tahun 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana, 2010.

UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung; Fokus media, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v10i2.285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d