TRANSFORMASI KEPEMIMPINAN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI LANDASAN BERPERADABAN BANGSA

SUKATIN -, Iwan Aprianto, Putri Mezzaluna

Abstract


Kegiatan pendidikan khususnya di sekolah, saat ini membutuhkan kepemimpinan kepala sekolah yang transformasional. Kepemimpinan transformasional yaitu mentransformasikan atau mengubah sesuatu menjadi bentuk yang berbeda. Misalnya mentransformasi visi menjadi realita, potensi menjadi aktual, laten menjadi manifes dan sebagainya. Dengan demikian, pemimpin dapat dikategorikan menerapkan kaidah ini, apabila dia mampu mengubah energi sumber daya manusia menjadi kekuatan yang dapat mewujudkan kondisi sekolah menjadi lebih baik. Transformasi esensinya adalah mengubah potensi menjadi energi nyata. Kepala sekolah yang mampu melakukan transformasi kepemimpinan berarti dapat mengubah potensi institusinya menjadi energi untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Kepemimpinan Transformasional di definisikan sebagai kepemimpinan yang melibatkan perubahan dalam organisasi. Dan kepemimpinan ini juga didefinisikan sebagai kepemimpinan yang membutuhkan tindakan memotivasi para bawahan agar bersedia bekerja demi sasaran-sasaran “Tingkat Tinggi” yang dianggap melampaui kepentingan penbadinya pada saat itu. Pendidikan karakter sangat penting untuk membina kepribadian peserta didik. Karakter sangat berpengaruh terhadap kelakuan seseorang dimanapun ia berada. Pentingnya pendidikan karakter, sekarang ini mutlak diperlukan bukan hanya di sekolah saja, tetapi di rumah dan di lingkungan sosial. Bahkan sekarang ini, peserta pendidikan karakter bukan lagi anak usia dini hingga remaja, melainkan juga usia dewasa. Realitanya diperlukan untuk kelangsungan hidup bangsa ini. Orang yang berpendidikan seharusnya adalah orang yang mengetahui, memahami apa hakikat sebenarnya dari sebuah pendidikan dan mampu menerapkan apa yang telah didapatkan dalam pendidikan. Namun, kenyataannya banyak orang berpendidikan malah sebagai pelaku utama dalam suatu hal menyimpang yang sedang terjadi di negara kita.

Keywords


Transformasi Kepemimpinan, pendidikan karakter sebagai landasan berperadaban bangsa

Full Text:

PDF

References


Hidayat, Rahmat dan Candra Wijaya, Ayat-ayat Alquran tentang Manajemen Pendidikan Islam, Medan : LPPPI, 2017

Husnul Yakin. Administrasi dan Manajemen Pendidikan. Banjarmasin: Antasari Press, 2011.

Uswatun Khasanah. Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya. 2019

Masduki Ahmad. Gagasan tentang Manajemen Pendidikan. Jakarta Timur: Lembaga Pengembangan Pendidikan Anak Bangsa (LP2AB), 2019.

Minnah El Widdah dkk. Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sudarwan Danim dan Suparno. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v10i2.287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d