PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Abstract
kompetensi dasar dalam memahami struktur dan fungsi bagian tumbuhan , hanya 55% Dari
34 siswa yang mencapai KKM sebesar 65 yang ditetapkan sekolah. Identifikasi masalah yaitu
motivasi hasil belajar PAI masih rendah. tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dalam memahami Fungsi Bagian Tumbuhan Batang dengan menggunakan metode
demonstrasi siswa kelas IV SDS Hubbulwathan Duri Kecamatan Mandau Tahun Pelajaran
2020/2021. Subjek, Tempat, dan Waktu Penelitian, Tindakan Kelas ini dilakukan di kelas IV
(empat) SDS Hubbulwathan Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, dengan jumlah
siswa kelas IV sebanyak 34 orang, yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 16 orang
perempuan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 09 Oktober s/d 16 Oktober 2021. Duri. Pada
siklus I siswa yang mendapat prestasi sangat baik sebanyak 22%.Pada tindakan perbaikan
disiklus II ini, motivasi anak menjadi lebih baik dan hasil belajar siswa meningkat menjadi
88% dari 34 orang siswa. Dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan
motivasi belajar PAI siswa kelas IV SDS Hubbulwathan duri Kecamatan Mandau. Saran serta
tindak lanjut Pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi sangat baik digunakan
pada siswa kelas IV dengan materi mengetahui fungsi bagian tumbuhan batang karena dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Butts, B., & Smith, R. (1987). HSC chemistry students’ understanding of the structure and
properties of molecular and ionic compounds. Research in Science Education, 17, 192–
Gardner, M. (1978). Aha! Insight. New York: Scientific American
Gerber, B. L., Cavallo, A.M.L., & Marek, E.A. (2001). Relationships among informal
learning environment, teaching procedure and scientific reasoning ability. International
Journal of Science Education, 23(5), 535-549.
Meyar, L. S., Schmidt, S., Nozawa, F. & Paneee, D. (2003). Using demonstration to promote
student comprehension in chemistry. Journal of Chemical Education, 80(4), 431-435.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 18
Zitteliana 22 (2003).
Pelton, R. P. (2010). Action Research for Teacher Candidates. Rowman & Littlefield
Education.
Rosmaya, A., Garini, R. V. A., Ruqoyyah, S. (2018) Application of Demostrasi Methods to
ImproveStudent Learning Outcomes in Science Learning Energy Sources Material,
(05).
Syah, M. (2000). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v10i2.302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.