PENGARUH KEPRIBADIAN DAN PERILAKU PEMIMPIN TERHADAP EFEKTIVITAS TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS BAITUL MUBTADI’IN DESA PENEROKAN

Syaifuddin -, Sukatin -, Siska Anggi Fitriana

Abstract


Efektivitas tenaga kependidikan dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya adalah kepribadian dan perilaku pemimpin. Hal ini dilakukan untuk dapat mewujudkan visi, misi dan tujuan dari sekolah itu sendiri. Grandtour dalam penelitian ini adalah apakah kepribadian dan perilaku pemimpin berpengaruh terhadap efektivitas tenaga kependidikan di Mts Baitul Mubtadi’in Desa Penerokan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk (1) Untuk mengetahui dan menganaslisi kepribadian pemimpin berpengaruh langsung terhadap efektivitas tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Baitul Mubtadi’in Desa Penerokan (2) Untuk mengetahui dan menganalisis perilaku pemimpin berpengaruh terhadap efektivitas tenaga kependidikan (3) Untuk mengetahui dan menganalisis kepribadian dan perilaku pemimpin secara simultan berpengaruh terhadap efektivitas tenaga kependidikan Desa Penerokan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan data dokumentasi. Subjek penelitian sebanyak 19 tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan sebagai responden. Instrumen utama yang digunakan adalah kuisioner/angket. Hipotesis, kepribadian dan perilaku pemimpin terhadap efektivitas tenaga kependidikan. Hasil penelitian menunjukkan jika variable kepribadian (X1) dan perilaku pemimpin (X2) secara sendiri- sendiri (parsial) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable efektivitas kependidikan (Y), sedangkan secara bersama-sama (simultan) variable Kepribadian (X1) dan Perilaku Pemimpin (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable efektivitas tenaga kependidikan (Y). Sedangkan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan jika variable Kepribadian (X1) dan Perilaku Pemimpin (X2) berpengaruh sebesar 90,9% terhadap efektivitas tenaga kependidikan sedangkan 0,1% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Keywords


Kepribadian, Perilaku Pemimpin, Eektivitas Tenaga Kependidikan

Full Text:

PDF

References


Alvin Koswanto. 2020, Memahami Perilaku dan Kejiwaan Manusia, Bogor: Penerbit Lindan Bestar

Anonim. 2010, Komplikasi Undang-Undang dan Peraturan Bidang Pendidikan, Jakarta: FITK PREES

Iskandar Putong. 2015, Kepemimpinan: Kajian Teoritis dan Praktis, Jakarta: Bumi Aksara Lynn Wilcox. 2018, Psikologi Kepribadian, Yogyakarta: IRCiSoD

Lysa Angrayni &Yusliati. 2018, Efektivitas Rehabilitasi Pencandu Narkotika Serta Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kejahatan Di Indonesia, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Nashar. 2000, Kualitas Pelayanan Akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat, Kadur pemekasan: Duta Media Publishing

Nasir Usman & Murniati, pengantar manajemen pendidikan, Jakarta: An1mage

Safrudi dkk, 2018, Pengembangan Kepribadian dan Profisonalisme Bidan, Malang: Wineka Media

Siswanto. 2011, Pengantar Manajemen, Jakarta: PT Bumi Aksara

Soekarso & Iskandar Putong. 2015, Kepemiminan Kajian Teoritis dan Praktis, Jakarta: Buku & Artikel karya Iskandar putong

Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta Sukatin, Et. Al. 2012, Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Deepublis




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v10i2.306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d