PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS (Studi Pada Siswa Kelas VII B di MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir)

Bashori Bashori

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Al-Qur;an Hadits siswa kelas VII B pada materi memahami isi kandungan surat Al-Kafirun dan Al-Bayyinah di MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VII B yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Sementara objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran artikulasi untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur;an Hadits siswa kelas VII B pada materi memahami isi kandungan surat Al-Kafirun dan Al-Bayyinah di MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Hadits  siswa kelas VII B pada materi  memahami isi kandungan surat al-Kafirun dan al-Bayyinah, dari rata-rata sebesar 63,33 pada sebelum tindakan menjadi 70,57 pada siklus I dan 78,03 pada siklus II. Hasil uji hipotesis diperoleh harga to sebesar 18,631 jauh lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikan 5% (2,04) maupun pada taraf signifikan 1% (2,75). Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Artikulasi, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits


Kata Kunci


Kata Kunci: Model Pembelajaran, Artikulasi, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agus Suprijono. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Ahmadi, Abu., Joko Tri Prasetya. Strategi Belajar Mengajar Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK, Bandung: Pustaka Setia. 2005.

Al-Maraghi, Ahmad Mushthafa. Tafsir Al-Maraghi, Semarang: Karya Toha Putra. 1993.

AM, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 2008.

Zainal Aqib. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia. 2010.

Awalina Barokah. Model-Model Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Multi Pressindo. 2013.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta :Balai Pustaka 2005.

Dimyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Hartono. Statistik Untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2008.

Jhon M. Echols dan Hassan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2005.

Kementerian Agama RI. 2014. Buku Siswa Al-Qur’an Hadis MTs Kelas VII, Jakarta: Kementerian Agama. 2014.

Margono. S. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2005.

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Nana Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2002.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2011.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati. 2002.

Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta. 2010.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kecana. 2011.

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi pada Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2010.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

Copyright by: HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 

E-ISSN: 2085-8663



Published by:

Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai

Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pagaraian Kec. Rambah Kab. Rokan Hulu

Telp. 082214220067

Faks-

e-mai: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com