LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013
Abstract
ABSTRAK
Dalam sebuah kurikulum tidak akan mungkin terlepas dari landasan pengembangan kurikulum. Sebab landasan ini merupakan dasar ataupun pijakan dari kurikulum itu sendiri. Landasan pengembangan kurikulum yang pertama yaitu, landasan filosofis. Landasan filosofis maksudnya, pentingnya filsafat dalam mengembangkan kurikukulum lembaga pendidikan. Pendidikan berintikan interaksi antar manusia, terutama antar pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Kedua, landasan yuridis. Landasan yuridis maksudnya Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan undang-undang lainnya. Ketiga, Landasan Empiris. Landasan empiris maksudnya kurikulum dikembangkan atas dasar pertimbangan berbagai pengalaman yang diperoleh dalam proses pengembangan kurikulum sebelumnya, yang siklusnya mulai dari perencanaan, penyusunan, implementasi, dan evaluasi kurikulum. Keempat, Landasan teoretis. Landasan teoretis maksudnya kurikulum 2013 dikembangkan atas dasar teori “pendidikan berlandaskan standar” (standar based education), dan teori kurikulum berbasis kompetensi (competency-based-curriculum). Kelima, Landasan konseptual. Landasan konseptual maksudnya Secara konseptual kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan prinsip relevansi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Idi, Abdullah. 2016. Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoretis dan Praktis. Bandung: Interes.
Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2005. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. (Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Sukiman. 2015. Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widyastono, Herry. 2014. Pengembangan Kurikulum Di Era Otonomi Daerah Dari Kurikulum 2004, 2006, Ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i1.315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.