URGENSITAS NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK BUDAYA RELIGIUS

Syarifah Rahmah, Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo

Abstract


ABSTRAK

Budaya religius tidak terbentuk secara instan melainkan melalui proses implementasi nilai-nilai pendidikan Islam. Lingkungan pendidikan dikenal dengan sebutan Tri Sentra Pendidikan, yaitu lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan rumah. Interaksi positif antara ketiga aspek lingkungan pendidikan menjadi nilai primordial pembentuk budaya religius. Metode penelitian menggunakan paradigma kualitatif dengan Teknik kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan praktik budaya religious merupakan bentuk pendidikan berbasis agama dan bentuk kontrol sosial yang efektif baik dalam arti sempit mencapai pendidikan moral akhlak dan dalam arti yang lebih luas berkontribusi pada stabilitas tatanan sosial yang statis. Internalisasi nilai pendidian agama Islam dan lingkungan pendidikan diterapkan melalui beberapa strategi, (1) power strategy, pembudayaan agama di lingkungan keluarga menggunakan kekuasaan; (2) persuasive strategy dijalankan melalui pandangan warga sekolah; (3) normative educative, norma sebagai aturan yang berlaku di masyarakat untuk menanamkan dan mengganti paradigma berpikir masyarakat yang konservatif dan inovatif. Implikasi penelitian agar penerapan budaya religius membentuk individu siswa memiiki kepribadian yang baik dan santun, mampu bersikap ditengah masyarakat luas, dapat menjadi contoh yang baik. 


Keywords


Lingkungan Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius, Tri Sentra Pendidikan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib, ‘Islamic Philosophy: An Introduction’, Journal of Islamic Philosophy, 1.1 (2005)

Ali, Mohammad, Julie Kos, Petra Lietz, Dita Nugroho, Asmawi Zainul, and Emi Emilia, Quality of Education in Madrasah (World Bank, 2011)

Bakar, Osman, Tawhid and Science Islamic Perspectives on Religion and Science (Arah Pendidikan Sdn Bhd, 2008)

Bashori, Bashori, ‘SEJARAH PERUNDANG-UNDANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA’, Hikmah, 23.1 (2018).

Brennan, John, ‘Higher Education and Social Change’, Higher Education, 56.3 (2008).

Bull, Norman J., Moral Education (International Library of the Philosophy of Education Volume 4) (Routledge, 2010)

Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama (Bulan Bintang, 1970)

Dewey, John, ‘Democracy and Educational Administration’, Planning and Changing, 22 (1991).

Grigg, Jeffrey, ‘School Enrollment Changes and Student Achievement Growth’, Sociology of Education, 85.4 (2012), 388–404 .

Halstead, Mark, ‘An Islamic Concept of Education’, Comparative Education, 40.4 (2004), 517–29 .

Al Hamdani, Djaswidi, ‘The Character Education in Islamic Education Viewpoint’, Jurnal Pendidikan Islam, 1.1 (2014).

Houben, Vincent, ‘Islam and the Perception of Islam in Contemporary Indonesia’, Heidelberg Ethnology, 3.1 (2015) .

Idi, Abdullah, ‘Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, Dan Pendidikan’, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

J. Mark Halstead, ‘Islamic Values: A Distinctive Framework for Moral Education?’, Journal of Moral Education, 36.3 (2007), 283–96 .

Levstik, Linda S., and Cynthia A. Tyson, eds., Handbook of Research in Social Studies Education (Routledge, 2010) .

Liu, Yueqin, ‘The Coordination Function of Islamic Ethics in Transforming Islamic Societies’, Journal of Middle Eastern and Islamic Studies (in Asia), 5.3 (2011), 17–36 .

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam (Pustaka Pelajar bekerjasama dengan PSAPM, Pusat Studi Agama, Politik, dan …, 2003).

Muhaimin, A, ‘Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah, DanPerguruanTinggi Jakarta: PT’, Raja GrafindoPersada, 2009.

Muhaimin, Sutiah, and Sugeng Listyo, Manajemen Pendidikan, Aplikasinya Dalam Penyusunan RPS, 2nd edn (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2010).

Muhibbin Syah, ‘Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru’, in Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, 2010.

Mutohar, Prim Masrokan, ‘Pengembangan Budaya Religius (Religious Culture) Di Madrasah: Strategi Membentuk Karakter Bangsa Peserta Didik’, Didaktika Religia, 1.1 (2016).

Nata, D R H Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam (Prenada Media, 2016).

Prajapati, Ravindra, Bosky Sharma, and Dharmendra Sharma, ‘Significance Of Life Skills Education’, Contemporary Issues in Education Research (CIER), 10.1 (2016), 1–6 .

Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso, Khairul Anwar, Nova Asvio, and Zaharuddin M, ‘Dimensional Analysis of School Based Pesantren Design Development’, 7.1 (2022), 1–13 .

Qomar, Mujammil, Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, 1st edn (Jakarta: Erlangga, 2007).

Rukmana, Nana, Etika Kepemimpinan Perspektif Agama Dan Moral, 2010.

Russell, Bertrand, Education and the Social Order (Routledge, 2013).

Salabi, Agus Salim, ‘Pengembangan Karier Guru Di Pesantren Darul Ihsan Hamparan Perak Deli Serdang’, Continuous Education: Journal of Science and Research, 2.1 (2021), 1–16 .

Salabi, Agus Salim, and Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo, ‘Studi Tentang Pelembagaan Substansi Budaya Organisasi Dalam Konsep Learning Organization’, Reflektika, 17.1 (2022), 63–94 .

Sanjaya, Wina, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2009).

Shalihin, Rahmat Ryadhush, and Hendro Widodo, ‘The Problems of Islamic Religious Education Teacher for Curriculum Development in Transmigration Area’, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 13.2 (2020), 219–34 .

Sharp, Rachel, Anthony Green, and Jacqueline Lewis, Education and Social Control (Routledge, 2017) .

Shihab, M Quraish, ‘Tafsir Al-Misbah’, Jakarta: Lentera Hati, 2 (2002).

Siddiqui, Ataullah, ‘Ethics in Islam: Key Concepts and Contemporary Challenges’, Journal of Moral Education, 26.4 (1997), 423–31 .

Simonds, Scott K., ‘Health Education as Social Policy’, Health Education Monographs, 2.1_suppl (1974), 1–10 .

Supardi, ‘Arah Pendidikan Di Indonesia Dalam Tataran Kebijakan Dan Implementasi’, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2.2 (2015) .

Syah, Ina Fauziana, ‘Analisis Mutu Madrasah Unggulan Di Aceh: Studi Di Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa (MA RIAB) and Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Banda Aceh’, Jurnal Ilmiah Didaktika, 17.1 (2017), 54 .

Syaikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Isyahaq Alu, and Abu al-Fida’ Ismail binUmar bin Katsir al-Quraisyi Al-Dimasyqi, Tafsir Ibnu Katsir, Juz II (Jakarta: Pustaka Imam Syafii, 2012).

Teddlie, Charles, and David Reynolds, The International Handbook of School Effectiveness Research (London: Falmer Press, 2000).

Tolchah, Moch, and Muhammad Arfan Mu’ammar, ‘Islamic Education in The Globalization Era: Challenges, Opportunities, and Contribution Of Islamic Education in Indonesia’, Humanities & Social Sciences Reviews, 7.4 (2019), 1031–37 .

Tsoraya, Nurul Dwi, Okeh Primalaini, and Masduki Asbari, ‘The Role of Islamic Religious Education on the Development Youths’ Attitudes’, Journal of Information Systems and Management (JISMA), 1.1 (2022), 12–18 .

Wexley, Gary A., and Kenneth N. Yukl, Organizational Behavior and Personnel Psychology, (The Irwin Series in Management and the Behavioral Sciences) Revised, Subsequent Edition (Richard d Irwin, 1983).

Zaidi, Ali, Islam, Modernity, and the Human Sciences (Springer, 2011).




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i1.321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d