ANALISA MINAT BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS IV MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AMALIYAH BABUSSALAM DESA KEPENUHAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar siswa kelas IV yang masih rendah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Amaliyah Babussalam Desa Kepenuhan berupa siswa yang mayoritas siswa laki-laki kurang bersemangat dan kurang tertarik dalam belajar Akidah Akhlak, sehingga minat belajar siswa tergolong kurang seperti keluar masuk kelas, mengobrol dengan teman, mencontek ketika diberikan tugas dan tidak membawa buku pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa laki-laki dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV Madrasah Diniyah Takmiliyah Amaliyah Babussalam Desa Kepenuhan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yakni minat belajar siswa laki-laki di kelas IV MDTA Babussalam terlihat para siswa laki-laki dapat menjalankan setiap indikator yang ada pada minat belajar, sehingga hal ini membuktikan bahwa para siswa laki-laki tersebut memiliki minat dalam belajar pada pelajaran Akidah Akhlak. Minat belajar siswa laki-laki kelas IV MDTA Babussalam secara rata-rata sudah tergolong sangat baik, hal ini menunjukan rata-rata mencapai 86,67% berada pada interval 80%-100%. Artinya minat belajar siswa laki-laki pada pelajaran Akidah Akhlah sudah tergolong sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka cipta.
Asmaran, AS, 2004. Pengantar Studi Akhlak, Bandung: Alfabeta.
Azzam, Abdullah , 2001. Akidah Landasan Pokok Membina Umat, Jakarta: Gema Insani Press.
Dalyono, 2001. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto, 2010. Belajar dan Mengajar, Bandung: CV Yrama Widya.
Darajat, Zakiah, 2002. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat, Zakiah, 2001. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Depdikbud, 2008. Kamus Besar Bahasa Indinesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Djaali, 2008. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Hurlock, 2007. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga.
Imran, Ali , 2001. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Maleong, Lexy, 2018. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosda Karya.
May, Asmal, 2010. Pengembangan Pemikiran Pendidikan Aqidah Jilid I, Pekanbaru: UIN.
Rahman, Abdu dan Muhbib, Abdul. 2004. Psikologi, Suatu Pengantar. Jakarta: Prenada Media.
Sjarkawi, 2006. Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto, 2012. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty, 2001. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana, 2004. Dasar-dasar Proses Belajar mengajar, Bandung: Balai Pustaka.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaan di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Surya. 2001. Kapita Selekta Kependidikan SD, Jakarta: UT.
Syah, Muhibbin, 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i1.323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.