METODE VARIATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 19 / VIII PUNTI KALO KABUPATEN TEBO

surya habibi

Sari


Abstrak

Dalam proses pembelajaran, seorang guru dituntut mampu mengkolaborasikan metode pembelajaran secara baik. Pilihan penggunaan variasi metode pembelajaran digunakan untuk memahami terlebih dahulu karakteristik  dan kebutuhan pembelajaran siswa. Pilihan itu tentu akan disesuaikan dengan ketepatan dalam memilih metode pengajaran oleh bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana penerapan variasi metode dalam proses pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri (SDN) No.19/VIII Punti Kalo. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pemahaman dan penerapan variasi metode dalam proses pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri (SDN) No.19 / VIII Punti Kalo berjalan positif dan baik. Sebagian besar guru tidak hanya berorientasi pada satu atau dua metode saja dalam melaksanakan proses pembelajaran; 2) Kendala dalam penerapan variasi metode pembelajaran PAI secara umum tidak berpengaruh terhadap variasi metode yang digunakan guru PAI; dan 3) Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan pengetahuan tentang metode, menciptakan validitas perencanaan pembelajaran dengan cara pengaturan alokasi waktu yang akurat, pemilihan dan menyeleksi metode yang tepat untuk divariasikan, dan menyeleksi materi yang sesuai dengan variasi metode.

 

Kata Kunci: Metode, Variatif, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI)


Kata Kunci


Kata Kunci: Metode, Variatif, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI)

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahlmmadi. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Atarsemi. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2004.

Bahlmaruddin, Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2007.

Depag R.I.. Al-Qur’an dan Terjemahlmannya. Jakarta: Badan Penyenggara Penterjemahlm Al-Qur’an, 2000.

Kurniawan Nursidik. Karakteristik dan Kebutuhlman Pendidikan Anak Usia Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Martinis Yamin. Profesionalisasi Guru dan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.

Muhibbin Syah. Metode-Metode Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Nana Sudjana. Penilaian HLMasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

S. Nasution. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Sardiman. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Zakiah Daradjat. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

Copyright by: HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 

E-ISSN: 2085-8663



Published by:

Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai

Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pagaraian Kec. Rambah Kab. Rokan Hulu

Telp. 082214220067

Faks-

e-mai: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com