PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI MTS SWASTA MUHAMMAD ABDUH

Dwi Restiana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan, seperti: penyalahgunaan sosial media, pergaulan bebas dikalangan remaja, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya, dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru pendidikan agama Islam memiliki tugas dan peran untuk meningkatkan perilaku Islami siswa.

Dalam hal ini peneliti membahas terkait peran Guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di MTs Swasta Muhammad Abduh. Konteks penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana peran Guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di MTs Swasta Muhammad Abduh? Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui peran Guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di MTs Swasta Muhammad Abduh.

Penelitian ini berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam berperan dalam peningkatan perilaku Islami siswa. Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di MTs Swasta Muhammad Abduh yaitu dengan selalu membimbing dan membina siswa untuk berperilaku Islami sehari-hari melalui pembiasaan budaya 5 S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun), selain itu fasilitas keagamaan seperti musholla dan perpustakaan Islam serta ekstra kurlikuler keagamaan seperti GQ, hadrah, dan kajian Islam digunakan guru PAI untuk memaksimalkan tujuan dari guru untuk membentuk perilaku Islami siswa.


Keywords


Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Islami

References


Keagamaan.

Amin Silalahi, Gabriel. 2003. Metode Penelitian dan Studi Kasus. Sidoarjo: CV Citra Media.

Arikunto, Suharisimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Bahri Djamarah, Syaiful. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Bungin (Ed), Burhan. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Depdikbud. 1995.

Nurul Zuriah. 2011, Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Persepektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D,

Bandung : Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2013, Prosedur Penelitian Sebuah Praktek, Yogyakarta : Rineka Cipta Riduwan. 2012, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung, Alfabeta

Suyanto. 2010, Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah, Jakarta: Depdikbud

Suryosubroto. 2009, Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Sumidjo Wahjo. 2010, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT. Raja grafindo Persada

Tim Redaksi KBBI. 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v9i2.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d