PERAN GURU ISMUBA DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA ELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Ahmad Nashir, Sandi Pratama

Abstract


Pendidikan ISMUBA merupakan muatan pendidikan pokok dalam sistem Pendidikan Muhammadiyah. Mata pelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab ( ISMUBA) memiliki fungsi utama membina dan mengantarkan peserta didik menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Allah s.w.t., berakhlak mulia,mengamalkan agama Islam dalam kehidupan sehari - hari, sesuai dengan tuntunan Al -Qur’an dan As- Sunnah . Dalam kurikulum merdeka, terdapat enam elemen profil pelajar pancasila yang harus dicapai sesuai target kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, subjek penelitian merupakan pihak yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Adapun dalam penelitian ini, ada beberapa metode pengumpulan data yang digunakan: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Peran yang dilakukan guru ISMUBA dalam pembinaan akhlak utamanya dalam penerapan profil pelajar pancasila, yaitu: guru melakukan pembinaan secara intens dikelas-kelas, guru ISMUBA menjadikan mushollah sebagai wadah penguatan, Tim ISMUBA bekerja sama dengan IPM SMP Muhammadiyah 1 Makassar dalam mendeteksi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan siswa lain, Membuat buku kontrol sholat untuk memantau perkembangan sholat dan kegiatan sehari-hari siswa baik disekolah maupun dirumah masing-masing dan Bekerjasama dengan orang tua siswa dengan melaporkan perkembangan anaknya baik disekolah maupun dirumah.

Keywords


ISMUBA, Akhlak, Profil Pelajar Pancasila

References


Ali, Muhammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara.

Cholid Narbuko dan Abu Ahmadi, 2003. Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Dudung Abdurrahman,2003. Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: KurniaKalam.

E. Mulyasa, 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fathan, R. 2020. Hardiknas 2020: Merdeka Belajar ditengah Pandemi Covid-19.

http://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-covid19/

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa

Pandemi Covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Jeflin, H., & Afriansyah, H. (2020). Pengertian Kurikulum, Proses Administrasi Kurikulum

dan Peran Guru Dalam Administrasi Kurikulum.

Kemenkeu Mengajar. 2020.. Yang diakses dalam aplikasi Ig Pada :

https://www.instagram.com/tv/CIQEDZehzRB/ ?igshid =gwhy8eyduog8. Diakses

pada rabu, 06 Juli 2022 pukul 19:00 Wita.

Kurikulum Ismuba Tahun 2012-2013 Untuk SMA/SMK/MA Muhammadiyah D.I.

Yogyakarta, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY.

Lexy J. Moleong, 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Roesdakarya

Nadjar, Ibnu. 1997. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Rineka Cipta

Nasution, A. K. P. 2020. Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran generasi Z. Jurnal

Teknologi Informasi dan Pendidikan.

Mufti, Umam. 2020. Implementasi Kurikulum Ismuba di sekolah muhammadiyah. Jurnal AlManar Vol 9. No. 2

Mulyasa. 2021. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Pius A Partanto dan U. Dahlan Al Barry, 2004. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola,

Suharsimi Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian Suantu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT

Rieneka Cipta.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sukardi, 2012. Metode Penelitian Pendidikan :Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi

Aksara.

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal

Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, Vol. 3 No. 1.

Surakhmad, 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah dasar Metoda Tehnik, Bandung: Tarsito.

Tim Pengembang Kurikulum Dikdasmen PWM, 2012. Kurikulum ISMUBA. Yogyakarta:

MajelisDikdasmen PWM




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i2.358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d