MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS AKREDITASI DI PONDOK PESANTREN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hasan, Bachtiar. Perencanaan Pengajaran Bidang Studi. Bandung: Pustaka Ramadhan, 2010.
Zamakhsyari, Dhofie. Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta:
LP3ES, 1982.
Direktorat Pondok Pesantren Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Standar
Administrasi Pondok Pesantren: Jakarta, 2012
Hasanah, Enung, dkk. Pelatihan Sistem Akreditasi Berbasis IASP di SMA Muhammadiyah 2
Yokyakarta: Prosiding Seminar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas
Ahmad Dahlan, 2021
Enung, Hasanah. Dkk. Pelatihan Akreditasi Sekolah Berbasis IASP 2020 di SMA
Muhammadiyah 2 Yokyakarta, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada
Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 2021
Fitriyah Samrotul, Fuadah dkk. Manajemen Pembelajaran di Pondok Pesantren. Jurnal
ISEMA: Jurnal Islamic Education Management. Vol. 2 (2), 2017Agus, Irianto. Pendidikan sebagai Investasi Pembangunan Suatu Bangsa, Jakarta: Kencana,
Iswantir. Paradigma Lembaga Pendidikan Islam. Bandar Lampung: Aufa Press. 2019
Buhari, Luneto dan Ismiati Ahmad. Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam
Peningkatan Akreditasi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Buntulia Kabupaten
Pohuwato. Jurnal Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1. 2019
Syamsul, Ma’arif dkk. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Surabaya: IAIN Sunan
Ampel Press, 2013
Madjid, Madjid. Bilik-Bilik Pesantren, Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997.
Mas’ud, dkk. Tipologi Pondok Pesantren. Jakarta: Putra Kencana, 2002
Martinis, Yamin. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Gaung
Persada Press. 2018
Muhaimin. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta. Rajawali
Press, 2011
Muhaimin, et.al. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama
Islam di Sekolah. Bandung. Remaja Rosdakarya, 2008
Muhaimin, et.al. Paradia Pendidikan Islam. andung, Remaja Rosdakarya, 2008
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan; Dengan Pendekatan Baru. Bandung. Remaja
Rosdakarya, 2014
Ridlwan, Nasir. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok Pesantren di Tengah
Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2005
Abuddin, Nata Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam. Jakarta:Rajawali Press, 2012
Abuddin, Nata. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di
Indonesia. Jakarta. Kencana, 2003
Nurdin, Syafruddin dan Basyiruddin Usman. Guru Profesional & Implementasi Kurikulum.
Jakarta. Ciputat Press, 2002
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2021 Tentang Pendanaan
Penyelenggaraan Pesantren
PP No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
PP RI No. 19 Tahun 2005 tentan Standar Nasional Pendidikan
PP RI Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Usman, Uzer. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2004.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung. Citra Umbara, 2003
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2004
www.mualliminsawahdangka.ch.id/
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i2.370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.