MANAJEMEN UNIT USAHA PESANTREN

Muhammad Anggung

Sari


Globalisasi menciptakan kesulitan, dan semakin mempermudah penguasa lapangan pekerjaan berfikir ekonomis. Angka pengangguran yang semakin meningkat setiap tahun menjadi fakta bahwa lulusan lembaga pendidikan kurang kompetitif. Pendidikan telah menjadi kebutuhan penting, dan di samping itu juga menjadi tanggungjawab manusia. Agar manusiap dapat mewujudkan kehidupan yang sejahtera, maka mereka (baik yang memberikan ataupun memperoleh pendidikan hendaknya memiliki pandangan serta pemahaman tentang kewiraswastaan demi tercapainya tujuan akhir pendidikan. Dengan perkataan lain, perwujudan manusia wiraswasta menunjang pencapaian tujuan Pendidikan. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam, lahir dengan kurikulum yang terintegratif antara agama dan umum. Keunggulan dalam proses pendidikan yang dinamis selama 24 jam memberikan pengaruh kuat terhadap pembentukan panca jiwa pesantren, seperti keikhlasan, kesederhanaan dan kemandiriaan. Jiwa kemandirian santri yang terbentuk menjadi potensi bagi pesantren dalam meningkatkan stabilitas ekonomi pesantren. Manajemen unit usaha pesantren mengandung arti sebagai proses pembentukan sebuah unit usaha berdasarkan potensi lembaga, sistem pengelolaan, hingga evaluasi terhadap pengelolaan unit usaha tersebut. Prinsip-prinsip dalam membangun unit usaha di pesantren adalah: (1) unit usaha bukan milik pribadi akan tetapi milik lembaga, pimpinan tidak berhak mengambil kebijakan sectoral terkait pengelolaan keuangan: (2) berfilosofikan administrasi yang baik mutlak untuk menjaga kepercayaan, harus ada laporan dan musyawarah rutin ked an oleh pimpinan terkait perkembangan unit usaha; (3) merekrut SDM yang memang ahli lapangan dan berasal dari internal lembaga sehingga komunikasi dapat berjalan lancar; (4) memperhatikan legalitas badan usaha untuk mengoptimalkan peluang yang ada; (5) membentuk tim ahli, minimal tenaga senior untuk memonitor perkembangan unit usaha.


Kata Kunci


Manajemen, Unit Usaha, Pesantren

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anis Wahyu Harnanik. Manajemen Sumber Dana Pondok Pesantren. Studi kasus Pondok Pesantren Al-Islahiyah Singosari. Tesis: UIN Malang. 2008.

Aries Musnandar. Pendidikan Pesantren. sumber: http://www.uin-malang.ac.id/.

Astamoen Moko. Entrepreneurship. Bandung: Alfabeta. 2005.

Dadang Suhardang. Riduwan. dan Enas. Ekonomi dan Pembiyaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2012. hal. 25.

Dedi Supriadi. Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2007.

Inu Kencana Syafie dan Welasari. Ilmu Administrasi. Jogjakarta: Pustaka Pelajar. 2014.

Miftah Thoha. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2007.

M Dawam Raharjo.Pergulatan Dunia Pesantren. Yogyakarta: LP3M. 1986.

M Latief. Pemerintah Tambah Anggaran untuk Rusun di Pesantren. sumber: Harian Kompas. Minggu. 9 September 2012.

Mardiyah. Kepemimpinan Kyai dalam Memelihara Budaya Organisasi. Studi Multi Kasus Pondok Modern Gontor Ponorogo. Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. dan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Disertasi: UIN Malang. 2010.

Muhaimin. Sutiah dan Sugeng. Manajemen Pendidikan. Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Prenada Media Grup. 2010.

Najih Anwar Manajemen Pondok Pesantren Dalam Penyiapan Wirausahawan Studi Kasus Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri UIN Maliki Malang. 2008.

Nurcholish Madjid. Bilik-Bilik Pesantren:Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina. 1997.

Peter F. Drucker. Managing the Non-Profit Organization. New York: Harper Business. 1990.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall. 2012.

Ririn Handayani. Menggagas Pendidikan Pesantren Sebagai Pendidikan Entrepreneurship. sumber:http://ririnhandayani.blogspot.com/.

Siti Mardatul Khairiyah. Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Pendidikan. Tesis: UIN Malang. 2008.

Rambat Lupiyoadi. Entrepreneurship from Mindset to Strategy. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 2007.

Slamet PH. Desentralisasi Pendidikan di Indonesia. Educational Planning/ Management Specialist Team Leader of Package 2. Desentralized Basic Education Project ADB Loan No. 1863-INO. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2008.

Veitzhal Rivai & Sylviana Murni. Education & Management; Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka. 2009.

Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo. 2011.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

Copyright by: HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 

E-ISSN: 2085-8663



Published by:

Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai

Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pagaraian Kec. Rambah Kab. Rokan Hulu

Telp. 082214220067

Faks-

e-mai: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com