PEMIKIRAN PENDIDIKAN SYEKH NAWAWI AL-BANTANI

Bashori Bashori

Sari


Sejarah ketokohan Ulama’ di Indonesia berpengaruh dalam dimensi-dimensi sosial. Termasuk di dalamnya pengaruh terhadap dunia pendidikan Islam. Diantara para ulama yang terkenal di Indonesia adalah Syekh Imam Nawawi Al-Bantani, beliau adalah ulama’ yang sangat terkenal, tidak hanya di Indonesia tapi juga dalam ranah Internasional di makkah. Beliau adalah ulama’ yang ahli di bidang tafsir, tauhid, fiqh, tasawuf, sejarah nabi, bahasa dan retorika, karya-karya beliau memberikan sumbangan yang sangat besar dalam kemajuan islam di Indonesia, banyak sekali ulama’ dan  pejuang-pejuang islam yang berguru pada beliau, karena itulah jasa beliau sangat besar dalam mengislamkan Indonesia. Ketokohan Syekh Imam Nawawi Al-Bantani diakui secara luas, dia berkaliber regional, nasional dan bahkan berkaliber internasional, ia berhasil di Tiga posisi utama yang menjadikan nama Syekh Nawawi diperhitungkan banyak kalangan yaitu: a) Sebagai ulama yang sangat produktif dalam menulis dan mempunyai banyak karya; b) Syekh Nawawi merupakan salah satu pusat jaringan ulama dan pesantren; dan c) Syekh Nawawi adalah ulama jawi yang bermukim di Mekah dan mendapatkan banyak ilmu serta pengakuan dari dunia internasional. Sebagai posisinya sebagai ulama’ besar, beliau juga memiliki konsep-konsep dalam makna pendidikan yang sebenarnya. Hal itu tampak dalam pandangan beliau dalam memaknai konsep kata pendidikan, Syekh Nawawi lebih condong kepada makna Ta’lim daripada Tarbiyah dan Ta’dib, dengan asumsi bahwa ta’lim tidak sekedar transfer ilmu, akan tetapi transformasi nilai dan metode. Dari asumsi tersebut, maka menarik untuk dikaji secara dalam pola pemikiran Syekh Nawawi  al-Bantani dalam relevansinya dengan dunia pendidikan saat ini.


Kata Kunci


Pemikiran, Pendidikan, Syekh Nawawi al-Bantani

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdurrahman An-Nahlawi. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masayarakat. Jakarta: Gema Insani, 2004.

Abuddin. Pemikiran Pendidikan Islam & Barat, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013.

Ahmad Syar’I. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005

Azyumardi Azra. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Harun Asrohah. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 1999.

Hasan Langgulung. Asas asas Pendidikan Islam. Jakarta: Radar Jaya Offset, 1988.

Imam Machali. Pendidikan Islam & Tantangan Globalisasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2004.

Janawi. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta, 2011.

Maragustam. Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani. Yogyakarta: Datamedia, 2007.

Muhammad ‘Atthiyyah Al-Abrasyi. Prinsip-prinsip dasar Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Muhammad Arifin. Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Muhammad Nawawi. Murah labayd Juz 2, Mesir: Darul Ihya’Al-Kutb Al-‘Arabiyah, Tanpa Tahun.

Muhammad Nawawi. Murah labayd, Mesir: Darul Ihya’Al-Kutb Al-‘Arabiyah, Tanpa Tahun.

Muhammad Ulul Fahmi. Ulama Besar Indonesia Biografi dan karyanya. Kendal: Amanah Grafika, 2008.

Sudirman Tebba. Mengenalkan Wajah Islam Yang Ramah. Banten: Pustaka Irvan, 2007.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

Copyright by: HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 

E-ISSN: 2085-8663



Published by:

Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai

Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pagaraian Kec. Rambah Kab. Rokan Hulu

Telp. 082214220067

Faks-

e-mai: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com