PERANAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 3 SIAK HULU KAMPAR

Sarmadhan Lubis

Abstract


Kewajiban orang tua mendidik anak ini terus berlanjut hingga ia dikawinkan atau dapat berdiri sendiri . Bahkan menurut pasal 45 ayat 2 UU perkawinan ini, kewajiban dan tanggung jawab orang tua akan kembali apabila perkawinan antara keduanya putus kerana suatu hal. Maka anak ini kembali menjadi tanggung jawab orang tua. Di era globalisasi seperti saat ini, banyak masyarakat yang terlalu mengagung-agungkan keberadaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), teknologi baru dan peralatan canggih buatan manusia. Memang hal tersebut tidak ada salahnya. Namun, yang patut disayangkan adalah, karena terlalu memburu kesemuanya itu masyarakat seringkali mengesampingkan hal penting yang seharusnya diutamakan, yaitu aktivitas ibadah dalam kehidupan sehari-hari yang akan menentukan kelak nasibnya di akhirat. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peranan orang tua dalam membimbing akhlak siswa di SMA Negeri 3 Siak Hulu Kampar. Tujuan penelitian ini peranan bimbingan keagamaan orang tua dalam membimbing akhlak siswa di SMA Negeri 3 Siak Hulu Kampar. Objek penelitian ini adalah akhlak siswa di SMA Negeri 3 Siak Hulu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptip kualitatif,. Teknik pengumpulan data dengan sistematika analisis data kualitatif yaitu (Editing, coding dan Tabulating). Hasil penelitian ini adalah, peranan orang tua dalam membimbing akhlak siswa di SMA Negeri 3 Siak Hulu Kampar di kategorikan “sangat baik.” Hal ini berdasarkan persentase yang terletak antara 81 – 100 yaitu 94.5 %.”.

Keywords


Peranan Orang Tua, Membimbing Akhlak Siswa.

References


Abdul Rahman, Pembinaan Keberagamaan Dan Moralitas Siswa (Studi Kasus Pada Guru

Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Tempuran Kabupaten Magelang

Tahun Ajaran 2010), Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.

Abuddin Nata, 2000, Akhlak Tasawuf, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, cet ke-3.

Arifatur Rohmah, Pengaruh Bimbingan Keagamaan Orang Tua Terhadap Aktivitas Ibadah

Siswa Kelas VI MI Dadapayam 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun

Pelajaran, 2010, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah

Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Atiyah Hikmah, Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP

Negeri 2 Ciputat, 2016, Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri

Syarif Hidayatullah Jakarta.

Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, 1992, Bandung Gema Risalah Press.

Dewa Ketut Sukardi, 2002, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di

Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Farsaneh Samadi, Bersahabat dengan Putri Anda, Jakarta: Pustaka Zahra, 2004.

Fuad Ihsan, 2005, Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Hallen A. 2005. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: QuantumTeaching.

Hasan Langgulung, 1989. Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al Husna.

Hasbullah, 2006, Dasar Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasnah Faisah. 2011, Menulis Karangan Ilmiah, Pekanbaru: Cendikia Insani.

Heni Nurwanti, Pengaruh Intensitas Bimbingan Keagamaan Orang Tua Terhadap Motivasi

Belajar PAI, 2010, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah

Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Irzum Farihah, Bimbingan Konseling Islam Bimbingan Keagamaan bagi Masyarakat, Vol. 5,

No. 1, Juni. Perkotaan STAIN Kudus, Jawa Tengah, Indonesia irzumfarihah@

gmail.com. 2014.

Jalaluddin, 2004, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Leni Puspitasari, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Moral Siswa Di

SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung, 2015, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas

Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Lina Hadiawati, Pembinaan Keagamaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa

Melaksanakan Ibadah Shalat (Penelitian Di kelas X dan XI SMK Plus Qurrota `Ayun

Kecamatan Samarang Kabupaten Garut), Vol. 02; No. 01; 2008; 18-25 Fakultas

Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut, 2008.

M. Athiyah, Al-Abrasyi, 1990, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bulan

Bintang.

Marimba, Ahmad D, 1989, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. Al-Ma’arif.

Mawardi Lubis, 2011, Evaluasi Pendidikan Nilai Perkembangan Moral Mahasiswa PTAIN,

Bengkulu: Pustaka Pelajar.

Moh. Ardani, 2001, Akhlak Tasawuf, Jakarta: CV. Karya Mulia, cet Ke-1 & 2.

Riduwan, , 2013, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Rizal Dairi, 2008, Metodologi Penelitian. Pekanbaru: UIR Pres.

Samsul Munir Amin, 2016, ilmu akhlak, Jakarta: Amzah.

Syahrin Harahap, 1999, Konsep & Imlementasi Pemberdayaan (cetakan pertama),

Yogyakarta : Tiara Wacana.

Syamsul Yusuf LN, 2011, Psikologi perkembangan anak & ramaja, Bandung: PT. Remaja

Rosda Karya.Tim Dosen, 2010, Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Pekanbaru.

Tohirin. 2006, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integritas dan

Kompetensi, Pekanbaru: PT. Raja Grafindo Persada.

Zakiah Daradjat, 2008, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. VII, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i1.421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d