PENGARUH KREATIVITAS SISWA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN SE KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Ahmad Zamhuri

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan hasil belajar siswa SMAN se-Kecamatan XIII Koto Kampar dalam belajar, dimana mempunyai fasilitas belajar yang lengkap namun prestasi yang diperoleh sangat rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar PAI di SMAN se Kec. XIII Koto Kampar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftip kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan  menggunakan kuesioner/angket  dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN se kecamatan XIII Koto Kampar yang mempunyai muatan kurikulum PAI. Jumlah populasi 533 siswa dan sampel penelitian berjumlah 228 siswa penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan teknik penarikan sampel adalah purposive sampling.  Data dikumpulkan, diolah dan dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 18. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif antara kreativitas belajar siswa sebesar 60,4%, sedangkan fasilitas belajar sebesar 60,9% dengan prestasi belajar Pembelajaran PAI di SMAN se Kec. XIII Koto Kampar Kab. Kampar dan pengaruh antara kreativitas dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN se Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dengan nilai sebesar 61,2%. Sehingga penelitian ini tergolong memberikan pengaruh yang tinggi.


Kata Kunci


Kreativitas, Fasilitas, Prstasi belajar

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahmad Fuat Abdal Ide Kreatif dari Kepemimpinan Hingga Motivasi. Jakarta: Grapindo. 2003.

Alwi Hasan, dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nsional Balai Pustaka, 2005.

Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1987.

Clark Moustakes. Growing up Gifted. ohi Meril Publishing Co, 1997.

Dewa Ketut Sukarti. Bimbingan dan Peryuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional, tt.

Hasan Langgulung. Kretivitas Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Husna Zikra, 1997.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial:Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Gaun Persada Pers. 2010.

Nana Sudjana,. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset, 2002.

Nana Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset, 2003.

Nana Syaodik Sukmadinata. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Rosda Karya, Cet. Ke VI, 2011.

S. Margono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Surya, Mohamad. Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1999.

Surya, Mohamad. Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1999.

Syaiful Bahri Djamarah. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional, 1994.

Syaiful Djamarah, Rahasia Suses Belajar Cet. Ke 2 Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Tulus Winarsunu. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM, 2002.

Utami Munandar. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta, PT. Reneka Cipta, 2009.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

Copyright by: HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 

E-ISSN: 2085-8663



Published by:

Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai

Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pagaraian Kec. Rambah Kab. Rokan Hulu

Telp. 082214220067

Faks-

e-mai: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com