PENGEMBANGAN METODE DRILL MELALUI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL QUR'AN HADIS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Nurhidaya M, Abdul Fattah, Sumiati Sumiati, Sumarni Sumarni

Abstract


Pengembangan Metode Drill melalui LKPD pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pemetaan masalah peserta didik, pengumpulan data melalui diskusi terbatas dengan guru Al Qur’an Hadits, desain produk berupa penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik berkolaborasi dengan guru mata pelajaran Al Qur’an Hadis, validasi LKPD dan revisi LKPD dan uji coba terbatas. Lokasi penelitian bertempat di SMA Muhammadiyah 1 Universitas Muhammadiyah Makassar dengan berfokus pada 1 mata pelajaran yaitu AL Qur’an Hadis dengan asumsi bahwa Mata Pelajaran tersebut butuh pengulangan-pengulangan materi pada proses pembelajarannya.

Berdasarkan pada uji coba terbatas yang dilakukan maka terdapat kelebihan dan kekurangan pada metode drill melalui LKDP. Kelebihannya adalah: Pertama: pemahaman peserta didik lebih luas dan mendalam karena dilakukan dengan berulang-ulang. Kedua: Peserta didik menjadi lebih siap dalam hal praktik karena telah terbiasa melakukannya berulang-ulang. Ketiga: Peserta didik memiliki kecakapan motoris karena melakukan proses pembelajaran yang berulang-ulang. Keempat: Peserta didik lebih siap mental dalam mengikuti penilaian karena telah berlatih sebelumnya melalui penerapan metode drill. Kelima: Menambah ketangkasan dan kecepatan peserta didik dalam menjawab pertanyaan lisan dan tulisan. Keenam: Peserta didik menjadi lebih terampil dan percaya diri karena telah terbiasa mengerjakan soal-soal melalui LKPD. Ketujuh: Memudahkan guru dalam mengontrol proses pembelajaran. Ketujuh: Melatih peserta didik untuk fokus dalam mengerjakan soal latihan. Sedangkan kelemahannya adalah Pertama: Peserta didik cenderung memahami sesuatu hanya secara teoritis. Kedua: Peserta didik cenderung individualistis dan Ketiga: Peserta didik mudah bosan


Keywords


Metode Drill, LKPD, Al Qur’an Hadits

References


Asriyah, M. 2021. Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Penguasaan Hafalan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VII. An Naba: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(2): 117.

Astuti, Y. 2017. Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1): 3.

Dzakiyyah, D. A., Deddy, K., dan Aiga, V. 2021. Pengaruh Metode Latihan Drill Terhadap Kemampuan Membaca Mahasiswa Angkatan 2018 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. joLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(9):1190.

Nasir, M. 2014. Strategi Pembelajaran Quran Hadis dalam Memaksimalkan Proses Pembelajaran Alquran Hadis. Jurnal Al-Qalam, 20(1): 10.

Nasution, Z. 2020. Strategi Pembelajaran Quran Hadis dalam Memaksimalkan Proses Pembelajaran Alquran Hadis. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 3(2): 271-273.

Peraturan Menteri (Permen) Agama RI Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. 06 Mei 2008. (Jakarta: Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2008).

Pratiwi, et al. 2020. Pengembangan Pendekatan Creative Problem Solving. EduPsyCouns: Journal Education, Psychology and Counseling, 2(2): 46.

Purnama, S. I. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 di Smk Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2): 275.

Rahmiati., Muhammad, R., dan Muhammad, Z. 2021. Pengembangan Model Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran Alquran-Hadis: Penelitian Pengembangan di Madrasah Tsanawiyah (Development Of Social Inquiry Model In Learning Of The Quranhadith: Development Research In Madrasah Tsanawiyah). Jurnal Ilmiah Didaktika, 22(1): 104.

Roly, D. 2017. Pembelajaran Alquran Hadis di Man Pagar Alam. Jurnal Al-Bahtu, 2(1): 36-37.

Sodik, M., Yosef, F, D, S., dan Hani, H, N. 2019. Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran-Hadis. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1): 99.

Sumanti, R. 2018. Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil (Pns) Di Daerah: Tantangan dan Peluang. Jurnal Transformasi Administrasi, 8(2): 116.

Tambak, S. 2016. Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-hikmah, 13(2): 110-112.

Wahyuni, N. 2016. Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Prosiding Seminar Nasional, 2(1): 399.

Yulia, R., dan Delfi, E. 2021. Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1): 54.

https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-lembar-kerja-peserta-didik.html diakses pada tanggal 29 Desember 2022 pukul 15.00 Wita




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Indexed by:

 

Published by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License