IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN (STUDI KASUS DI SD NEGERI PURWAMEKAR II KARAWANG)
Abstract
Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui Implementasi pendidikan karakter melalui keteladanan dan pembiasaan di SD Negeri Purwamekar II Karawang. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, analisis data dokumentasi serta wawancara. Sedangkan sumber penelitian adalah Kepala sekolah serta guru. Hasil penelitian yaitu Implementasi yang sudah dilakukan dalam proses pendidikan karakter di SD Negeri Purwamekar II Karawang ini seperti : Pembiasaan membaca Yasin dan Ratib yang dialkukan disetiap hari Jum’at. Dan untuk keteladanan yang dilakukan yaitu seperti melaksanakan upacara, datang ke sekolah dengan tepat waktu, bertanggung jawab terhadap pekerjaan piket di setiap kelas masing-masing dan kegiatan spotan yang diwujudkan melalui menjenguk teman sakit, takziah dan lain-lain
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amirudin, A., & Muzaki, I. (2019a). Rendering Learning Approach With Islamic Religious Education Subjects and Students Accounting XI Relationship with Management and Business. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2019.2289728
Amirudin, A., & Muzaki, I. A. (2019b). Life Skill Education and It’S Implementation in Study Programs Islamic Religious Education. Jurnal Tarbiyah, 26(2), 278–293. https://doi.org/10.30829/tar.v26i2.485
Amirudin, I. (2020). Analysis Of Policy Development Models For Strengthening Character Education Based On Islamic Education Values In The First Middle Education Unit In Karawang District. Multicultural Education, 6(5), 15–19. https://doi.org/10.5281/zenodo.4393076
Daryanto, d. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Dharma, K., dkk. (2011). Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktik disekolah. Bandung :Rosda Karya.
Evananda, F., Bafadal, I., & Sobri, A. Y. (2018). Studi Kasus Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dolan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 252–262. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p252
Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter:Konsep dan Implementasi. Bandung:Alfabeta
Mulyasa .(2012). Manajemen PAUD .Bandung : Remaja Rosdakarya Sutrisno.
Nuraeni, N. F., Amirudin, A., & Muzaki, I. A. (2021). Pembentukan Karakter di Masa Pandemi Melalui Pendidikan Agama Islam. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2), 146–160. https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.13496
Putri, O. N., & Hudah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2), 57. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005
Sari, A. (2017). 1952-37-4947-1-10-20190731 (1). 3(02), 249–258.
Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Published by :
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com