ENDIDIK PROFESIONAL MENGHADAPI TANTANGAN ABAD 21 PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI

Mohammad Faizin, Muhammad Nabilus Sulton, Muhammad Rizqi Alfansury, Abdul Aziz Rifa'i

Abstract


Pendidik merupakan salah satu aspek yang penting dalam pendidikan. Untuk dapat menciptakan pendidik yang profesional kita perlu tahu bagaimana menjadi pendidik profesional yang baik dan benar. Al-Gazhali merupakan tokoh islam yang berperan dalam mengembangkan ilmu dalam profesi pendidik karena Imam Ghazali menimbah ilmu dan belajar diberbagai bidang kehidupan islam. Oleh karena itu, perlu di cari tahu bagaimana cara menjadi pendidik profesional dalam menghadapi tantangan di abad 21 perspektif Imam Al- Ghazali.


Keywords


Pendidik profesional, Imam Al-Ghazali

References


Yunus, Muhammad. 2016. Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Ahmad, M. Yunus. Sigegar, Balo. 2015. Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka. Al- Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan.

Al-Ghazali. 2005. al-Munqidz min al- Dhalal. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Nasution, Hasyimiyah. 1999. Filsafat Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Mahmud. 2011. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Thaha, Ahmadie. 1994. Dalam Pengantar Karya Al-Ghazali, al-Tibbr al- Masbuk fi Nashihat al-Muluk. Bandung: Mizan.

M. Syam, Masiyan. Syachrofi, Muhammad. 2019. HADIS HADIS POLIGAMI. Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis.

Hamidah Harahap, Layla. Dkk. 2019. Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Indriyanti, Tri. Dkk. 2015. Etika Interaksi Guru dan Murid Menurut Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Studi Al-Qur’an: Membangun Tradisi Berfikir Qura’ni.

Putra, Ary Antony. 2016. Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al- Thariqah.

Suban, Alwan. 2020. Konsep Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali. Idaarah.

Solichin, Mohammad Muchlis. 2006 Belajar dan mengajar dalam pandangan al-ghazali. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Slot gacor

Slot Gacor Hari ini

macau 4d situs toto situs togelsitus togel online