PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR

Wismanto Wismanto, Yupidus Yupidus, Efni Ramli, Ridwan Ridwan, Elbina Mamla Saidah

Abstract


This research was raised in general that education in public schools has not succeeded in instilling character values in students. The presence of non-formal educational institutions such as the Integrated Islamic Elementary School (SDIT) which is able to collaborate the values of national character with the values of religious character adopted from the ministry of religion helps to shape the character of students. This study aims to develop a character education model for the Generation of Believers based on the Integration of the Qur'an and Sunnah in the Al Hasan Integrated Islamic Elementary School. This research uses a case study approach. Analysis of the validity of the data using source triangulation. The results showed that the integration of the Qur'an and Sunnah in the context of character education at the Al-Hasan Integrated Islamic Elementary School includes (1) "Religious" character education, (2) "Nationalist" character education, (3) "Independent" character education. ”, (4) “gotong royong” character education, and (5) “Integrity” character education.


Keywords


Integration, character education, Integrated Islamic Elementary School (SDIT

References


Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2)

Fitria Martanti, Metode Struktural Analitik Sintetik dalam Pembelajaran Anak Dislikesia.Al-Bidayah,vol.10 No.1, 2018

Haibah, M., Basri, H., Eri Hadiana, M., & Tarsono, T. (2020). Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2),

Hendriana. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02),

Kemendiknas RI [Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia]. (2010). Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Direktorat PSMP

Komalasari, Kokom & Didin Saripudin. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: Refika Aditama.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1)

Marzuqi, A. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter di Madrasah Diniyah Takmiliyah. 7(1).

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1,

Mubin, M. S. (2020). Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi. Jurnal Reforma, 9(2),

Ningsih, tutuk. (2015). Implementasi pendidikan karakter. Purwokerto: penerbit stain [sekolah tinggi agama islam negeri] purwokerto. Tersedia secara online juga di: http://repository.

Noer, M. A., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2),

Nurlaily, W. P. K. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Edukator dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Religius di SMP Ma’arif 5 Ponorogo.

Rachman, F., & Maimun, A. (2016). Madrasah diniyah takmiliyah (mdt) sebagai pusat pengetahuan agama masyarakat pedesaan (Studi tentang Peran MDT Di Desa Gapura Timur Gapura Sumenep). ’Anil Islam, 9

Rasdi Ekosiswoyo, Tri Joko, dan Tri Suminar, Potensi keluarga dalam pendidikan holistik berbasis karakter pada anak usia dini, Jurnal Edukasi, Vol 13, No. 1 tahun 2019

Rasmuin, & Ilmi, S. (2021). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19; Studi Kasus di MAN 2 Banyuwangi. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 4(1),

Rasmuin, & Ilmi, S. (2021). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19; Studi Kasus di MAN 2 Banyuwangi. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 4(1)

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Soedarsono, Soemarno. 2009. Karakter Mengantar Bangsa, dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.

Sukarno, S., Sularmi, S., Suharno, S., & Surya, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar: Kajian Praksis. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1),

Syahraini Tambak, (2017). Jurnal Cooveratipe Learning 1.

Syahraini Tambak, Ahmad, M. Y., Siregar, E. L., Sukenti, D., Sabdin, M., & Rohimah, R. B. (2022). Cakrawala Pendidikan Discussion method accuracy in Islamic higher education : The influence of gender and teaching duration. 41(2)

Wismanto, Pembentukan awal generasi mukmin dalam al-qur’an hadits dan implikasinya pada siswa sekolah dasar islam terpadu imam asy-syafii pekanbaru. Magistra, Vol. 12 No 1. 2021 DOI. 10.31942/mgs.

Yahya, Safarudin Model Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Modern Al-Syaikh Abdul Wahid Koya Baubau Sulawesi Tenggara), Tesis UIN Maulana Malik Ibrahim Malang .2016.

Yusuf, M. (2016). High Concept and High Tought Senses in the Conceptual Age. Ini adalah konsep kunci. Inovasi Pendidikan, 2(4)




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Indexed by:

 

Published by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License