PERAN GURU PAI PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK

Ulfi Ana Marsila, Shokibul Arifin, Ika Puspitasari

Abstract


Pendidikan mempunyai peranan yang penting terhadap perkembangan segala aspek kehidupan yang ada terutama pada kepribadian diri sendiri. Kepribadian peserta didik disekolah itu berbeda-beda dikarenakan factor dari lingkungan yang bisa mempengaruhi kepribadiannya. Untuk itu artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam kurikulum merdeka untuk membentuk kepribadian peserta didik di SMPN 2 TARIK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang diperoleh dengan data hasil observasi, wawancara dari guru PAI, literatur jurnal ilmiah, dan buku. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI dalam kurikulum merdeka untuk membentuk kepribadian peserta didik sangat berperan penting. Diantaranya guru sebagai  tempat curhatan, memberikan arahan dan bimbingan, pengarahan kepada peserta didik. Kepribadian peserta didik di SMPN 2 TARIK seperti pada sekolah umumnya seperti bolos sekolah, berantem dengan teman, terlambat sekolah, labil, dan manja.


Keywords


Peran Guru PAI, Kurikulum Merdeka, Kepribadian Peserta didik

References


Afandi, A. (2021). Peranan Guru sebagai Model dalam Membentuk Kepribadian Islam. Al-Ibtida, 02, 15–33.

Agusti. (2022). Metodologi Penelitian (A. Yanto (Ed.)). PT Global Eksekutif Teknologi.

Aminullah. (2016). Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3, 620–628.

Andriani, A. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Disiplin Positif (DISPOS) (Zendi (Ed.)). Maghza Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/Penguatan_Profil_Pelajar_Pancasila_Melal/suOCEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=profil+pelajar+pancasila&pg=PA1&printsec=frontcover

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., Belawati, A. P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. 1(3).

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). 1803-Article_Text-5370-1-10-20220705. Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, 17(1), 40–50.

Asmaroini, A. . (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Siswa di Era Globlisasi. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4, 440–450.

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Chomaidi dan Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah (C. K. Untari (Ed.)). PT Grasindo. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_dan_Pengajaran_Strategi_Pembe/YbB1DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pendidikan+adalah&printsec=frontcover

Edi, F. R. S. (2016). Teori Wawancara Psikodignostik. Leutikaprio.

Fadhlullah, I. (2021). Pengaruh pendidikan karakter dan kepribadian guru terhadap kepribadian siswa (guepedia (Ed.)). Guepedia.

Faiz, A., Parhan, M. & A. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 1544–1550.

Fathan, R. (2020). Hardiknas 2020: Merdeka Belajar ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pos Media. http://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-covid19/

Forey, G. & Cheung, L. M. . (2019). The Benefits of Explicit Teaching of Language for Curriculum Learning in the Physical Education Classroom. English for Specific Purposes, 54, 91–109. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0889490618300140?via%3Dihub

Hikmah, J., Pendidikan, J., & Vol, I. (2022). Ahmad Nashir, Sandi Pratama – Peran Guru ISMUBA dalam Pembinaan Akhlak Pada Elemen Profil Page 80. 11(2), 80–90.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Ismail, M. I. (2020). Evaluasi Pembelajaran:Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur (P. Vita (Ed.)). PT Rajagrafindo Persada.

Jamilah, A. (2021). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMK TELADAN JAKARTA SELATAN. 1.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila.

Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 137–156. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847

Muh Hambali dan Eva Yulianti. (2018). Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Kota Majapahit. Pedagogik, 05, 194.

Mulyasa. (2021a). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar (L. I. Darojah (Ed.)). PT Bumi Aksara. https://www.google.co.id/books/edition/Menjadi_Guru_Penggerak_Merdeka_Belajar/0WAlEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&printsec=frontcover

Mulyasa. (2021b). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.

Novita Nur ‘Inayah. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7

Nursalam & Suardi. (2022). Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Berbasis Integratif Moral Di Sekolah Dasar. CV AA RIZKY. https://www.google.co.id/books/edition/Penguatan_Karakter_PROFIL_PELAJAR_PANCAS/XfmZEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=profil+pelajar+pancasila&pg=PA17&printsec=frontcover

Rahayuningshih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1, 177–187.

Siyoto, S. dan M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (Ed.)). Literasi Media Publishing.

Sjarkawi. (2011). Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integrasi Membangun Jati Diri. Bumi Aksara.

Susilawati, E., Sarifuddin, S & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platfrom Merdeka Belajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167.

Taruna, M. M. (2011). Perbedaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Analisa, 2, 182–183.

Tokuan, Y. M. (2015). Peran Guru Dalam Pembentukan Kepribadian Disiplin Siswa SMP Negeri 11 Kota Pontianak. 6–8.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2008). Sinar Grafika.

Walsiyam. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen. Prosiding Seminar Nasional Manajemen …, 966–978. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/10901




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor

slot

https://bioskopgue.net/

https://kpabangalore.com/

https://offbeat-europe.com/

https://jennifer-campbell.com/

https://jennifer-campbell.com/

slot777

slot gacor