IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DENGAN STRATEGI GENERATIF LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 09 SURABAYA
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran konstruktivisme dengan strategi generatif learning terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 09 Surabaya. Berdasarkan analisis penulis pada temuan diatas bahwa beberapa siswa kelas XII IPS masih memiliki motivasi rendah dikarenakan guru memakai pembelajaran konvensional. Maka peneliti mengupayakan untuk mencoba dengan penerapan konsep strategi generatif learning bertujuan untuk memecahkan masalah pemahaman siswa seperti pembelajaran yang dirasakan sulit bagi siswa menjadi lebih mudah dipahami. Siswa diharapkan memiliki pengetahuan, kemampuan serta ketrampilan untuk mengkontruksikan atau membangun pengetahuan secara mandiri. Proses pembelajaran menggunakan model generatif learning dapat dijabarkan sebagai berikut: eksplorasi, pemfokusan, tantangan dan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran konstruktivisme dengan strategi generatif learningsangat efektif dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 09 Surabaya
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Agnafia, D. N. (2017). Penerapan Model Generative Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Keperawatan Smk Kesehatan Bakti Indonesia Medika Ngawi Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 2(1).
Alim, Barus, R. (2020). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR DENGAN MODEL MODEL KONVENSIONAL Model. 3, 43–50.
Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90–101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868
Annisa, I. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi Generatif Di Sekolah Dasar. 1, 1–8.
Asrori, A. (2019). GLS Role as a Process of Learning Motivation in PAI Lessons in Kedanyang SDN Gresik. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, (Vol. 4, No. 1, pp. 10-17).
Asrori, A. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Pena Persada.
Asrori, Hidayat, M. C., Puspitasari, I., & Rusman. (2020). Effect of Counseling Guidance in Improving Process of Student Learning Achievement. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.145
Asrori, M. R. (2022). Pendekatan Bimbingan Konseling di Sekolah. Zamron Pressindo.
Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learning di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 5(1), 16. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630
Aziz, A. S. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Generasi Muda di Era Revolusi 4.0. Kompasiana, 1(1), 1–6.
Bintang Novita, J., Asrori, & Rusman. (2022). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery Learning.... P-ISSN 2477-5436 and E-ISSN 2549-6433. Tadrib, 8(1), 11–34.
Esi, Purwaningsih, O. (2017). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 05(10), 1–14.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.
Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. In Banyumas : CV. Pena Persada.
Hamzah, F. (2020). Hubungan Antara Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 301. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109568
Hariati, L., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Pada Muatan Pembelajar Matematika Kelas V di SD Negeri 1 Kempo Tahun Ajaran 2021 / 2022. 7(September), 1132–1142.
Harum, Tarmidzi, A. (2017). penerapan model pembelajaran generatif berbantu simulasi physics education technology ( phet ) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2(1), 1–10.
Herianto, A., & Ali, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Lingkungan Berbasis Konstruktivis Dengan Model Pembelajaran Cooperatif Learning. Jurnal Geografi, 12(01), 307. https://doi.org/10.24114/jg.v12i01.10688
Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah negeri 2 bandar lampung tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21.
Hidayat, M. C. (2020). Implementation of Cognitive, Affective, Psychomotor Aspect Assessment Case Study at SDN Ngembung Cerme Gresik. Studia Religia: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4, 71–83.
Hidayat, M. C., Arifin, S., Asrori, & Rusman. (2020). Integration Science Technology with Islamic Values: Empowering Education Model. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.202
Idrus L. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.
Lathifah, D. N. (2021). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivisme pada Pembelajaran PAI di SDN 05 Tubanan-Kembang-Jepara. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 22–31.
Marliani, Siagian, M. (2017). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79.
Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265.
Mutaqorribain, S., Asrori, A., & Rusman, R. (2022). The Effect of Teacher’s Motivation on Student Learning Activities in Islamic Education Lessons. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 887–907. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/nzh.v5i3.2101
Naibaho, S. W., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI 1 TAPANULI TENGAH DISAAT PANDEMI COVID-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 304–312. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2596
Ridlwan, M., & Asrori, A. (2022). Problems of Implementation of Islamic Religious Education at Muhammadiyah Junior High School 4 Gadung Surabaya. In International Conference on Islamic and Muhammadiyah Studies (ICIMS 2022), 312–318. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.220708.039
Ronald Tambunan, J. (2021). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Widya, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.54593/awl.v1i2.3
Ruslan Rasid, E. M. (2021). KONSEP RAHMAT DALAM ISLAM PERSPEKTIF HADIS NABI. 12, 50–58.
Sadwika, I. N., & Liska, L. De. (2022). Strategi Pembelajaran Generatif: Suatu Kajian Konseptual Operasional. Seminar Nasional (Prospek I), Prospek I, 132–139.
Sutan Hade Anantotur. (2014). Peningkatan motivasi dan keaktifan belajar matematika melalui strategi pembelajaran aktif tipe learning start with a question.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.464
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Published by :
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com
.