PENGARUH PELAKSANAAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP DAYA SERAP SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 ROKAN HULU
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya serap siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Rumusan masalah penelitian yakni 1) Bagaimana daya serap siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu? 2) Apakah ada pengaruh Pelaksanaan pemberian tugas terhadap daya serap siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu?. Sedangkan tujuan penelitian yakni 1) Untuk mengetahui sejauh mana Daya serap Siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di MTS N 4 Rokan Hulu, 2) Untuk mengetahui pengaruh Pelaksanaan pemberian tugas terhadap daya serap siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri TS N 4 Rokan Hulu.
Metode penelitian ini yakni kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 70 siswa, sedangkan sampel penelitian yaknik kelas VIII a untuk kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas VIII b untuk kelas kontrol berjumlah 35 siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes daya serap. Teknik analisa data menggunakan uji t atau paired sampel t test.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa daya serap siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukan daya serap siswa di kelas ekperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, sebagaimana rata-rata daya serap siswa dari hasil pemahamannya dalam materi pelajaran pada kelas kontrol hanya mencapai 76.86% sedangkan kelas eksperimen mencapai 86,86%. Pelaksanaan pemberian tugas berpengaruh Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu, hal ini di buktikan dari perhitungan di dapatkan thitung > ttabel, (4,183>2,042 dan signifikansi < 0.05 (0.03 < 0.05), maka dapat dijelaskan adanya pengaruh yang lebih baik terhadap daya serap siswa ketika setelah menggunakan metode pemberian tugas di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu. Dengan demikian Ha Diterima dan H0 ditolak
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwi, Hasan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta :Balai Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Praktek Penelitian untuk Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka
Depdikbud, 1994, Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Balai Pustaka
Depdikbud. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : PT Grapindo
Kitab Suci Al-Qur’an DEPAG. 1989. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Toha Putra
Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Prayitmo, Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta. Andi
Purwanto, Erwan Agus Dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Public Dan Masalah-Masalah Social. Yogyakarta : Gaya Media
Ramayulis. 1994. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Ramadius. 1979. Metodologi Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Roestiah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sudjono, Anas . 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: P.T Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rodakarya
Shalahuddin, Mahfudh dkk, 1987. Metodik Pendidikan Agama, Surabaya:PT Bina Ilmu
Sudirman dkk. 1991. Ilmu Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Surahmad, Winarno. 1990. Pengantar Interaksi Mengajar (dasar dan teknik metodologi pembelajaran). Bandung: Alfabeta
Suryosubroto, 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.