PENGARUH PELAKSANAAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP DAYA SERAP SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 ROKAN HULU

Ayu Mentari Mutmainnah, Amin Syahputra

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya serap siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Rumusan masalah penelitian  yakni 1)  Bagaimana daya serap siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu? 2) Apakah ada pengaruh Pelaksanaan pemberian tugas terhadap daya serap siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu?. Sedangkan tujuan penelitian yakni 1) Untuk mengetahui sejauh mana Daya serap Siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di MTS N 4 Rokan Hulu, 2) Untuk   mengetahui pengaruh Pelaksanaan pemberian tugas terhadap daya serap siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri TS N 4 Rokan Hulu.

Metode penelitian ini yakni kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 70 siswa, sedangkan sampel penelitian yaknik kelas VIII a  untuk kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas VIII b untuk kelas kontrol berjumlah 35 siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes daya serap. Teknik analisa data menggunakan uji t atau paired sampel t test.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa daya serap siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukan daya serap siswa di kelas ekperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, sebagaimana rata-rata daya serap siswa dari hasil pemahamannya dalam materi pelajaran pada kelas kontrol hanya mencapai 76.86% sedangkan kelas eksperimen mencapai 86,86%. Pelaksanaan pemberian tugas  berpengaruh Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu, hal ini di buktikan dari perhitungan di dapatkan   thitung > ttabel,  (4,183>2,042 dan signifikansi < 0.05 (0.03 < 0.05), maka dapat dijelaskan adanya pengaruh yang lebih baik terhadap daya serap siswa ketika setelah menggunakan metode  pemberian tugas di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rokan Hulu. Dengan demikian Ha Diterima  dan H0 ditolak


Keywords


Pemberian Tugas, Daya Serap

References


Alwi, Hasan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta :Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Praktek Penelitian untuk Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka

Depdikbud, 1994, Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Balai Pustaka

Depdikbud. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : PT Grapindo

Kitab Suci Al-Qur’an DEPAG. 1989. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Toha Putra

Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Prayitmo, Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta. Andi

Purwanto, Erwan Agus Dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Public Dan Masalah-Masalah Social. Yogyakarta : Gaya Media

Ramayulis. 1994. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Ramadius. 1979. Metodologi Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Roestiah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sudjono, Anas . 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: P.T Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rodakarya

Shalahuddin, Mahfudh dkk, 1987. Metodik Pendidikan Agama, Surabaya:PT Bina Ilmu

Sudirman dkk. 1991. Ilmu Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Surahmad, Winarno. 1990. Pengantar Interaksi Mengajar (dasar dan teknik metodologi pembelajaran). Bandung: Alfabeta

Suryosubroto, 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d