Strategi Pembelajaran Aktif dalam Perspektif Al-Qur'an

Sulaiman Hasibuan

Abstract


Dalam pembelajaran proses belajar akan lebih bermakna, jika peserta didik mengalami
apa yang dipelajarinya, bukan sekadar mengetahuinya saja. Pembelajaran yang berorientasi
pada target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetensi mengingat jangka pendek,
tetapi sering kali gagal dalam membekali anak memecahkan masalah dalam kehidupan jangka
panjang. Dalam tujuan penelitian ini akan dibahas strategi pembelajaran aktif dalam persfektif
al-Quran dengan telaah studi pustaka deskriptif kualitatif, di mana dalam penelitian ini untuk
mengkaji istilah strategi pembelajaran ditelaah secara bahasa dan telaah pustaka, dengan
pendekatan al-Quran, Hadis Nabi dan pakar pendidikan Islam. Hasil dari penelitian ini adalah
terdapat beberapa surat dalam al-Quran yang dapat dijadikan pijakan untuk melakukan
strategi pembelajaran dalam Islam, yaitu: a) metode hikmah, selalu memberikan peluang dan
kesempatan kapada siswanya untuk berkembang menjadi lebih. Dengan metode hikmah
dalam pembelajaran, seorang pendidik semakin mengerti kebutuhan peserta didik, b) metode
nasihat atau pengajaran yang baik, c) metode diskusi,dalam bahasa Arab diskusi bermakna
jidal. Pendekatan diskusi yang dimaksud dalamal-Quran ini adalah diskusi yang dilaksanakan
dengan tata cara yang baik dan sopan, d) metode pengalaman praktis (trial and error), yaitu
dilakukan melalui percobaan dan pengamatan.


Keywords


Strategi, Pembelajaran, Al-Qur'an

References


Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Zulvia Trinova, Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Pada Materi Pendidikan

Agama Islam, Jurnal Al-Ta’lim, Vol. 1, No. 4, Februari 2013, 324-335.

Basri MS, Metodologi Penelitian Sejarah, Jakarta:Restu Agung, 2001.

Syaiful Bahri Djamarah Aswan Zein, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta,

Ahmad Zaki M dan Aditya Syahrul M, Strategi Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an,

Junral No. 02, Vol. 01, 2019.

Martinis Yamin dan Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas (Strategi Meningkatkan Mutu

Pembelajaran), Jakarta: Gaung Persada Press.

Wina Sanjana, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2010.

Kusnadi dkk, Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pekanbaru: Yayasan

Pusaka Riau, 2008.

Direktorat Tenaga Kependidikan, Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya, Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Mulyani Sumantri dan Johar Permana, Stategi dalam Pembelajaran, Bandung: Rosda Karya,

Nurdyansyah dan Fitriyani Toyiba, Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil

Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Tekpen, Vol. 1, No, 2, 2016, 83-101.

Hartono, dkk, PAIKEM, Pekanbaru: Zanafa Publishing, 2012.

Asep Supriatna DKK, Strategi Pendekatan Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal

Pendidikan Edumaspul, Vol.05, No. 01, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d