PENDEKATAN BELAJAR BERPUSAT PADA GURU DALAM PERSPEKTIF ULAMA KLASIK DAN KONTEMPORER

RURI SYAMSUL RIJAL, ABAS MANSUR TAMAM, IMAS KANIA RAHMAN, AHMAD SASTRA, AHMAD ALIM

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti metode pendekatan pembelajaran berpusat pada guru (TCL) dalam pembelajaran pendidikan agama islam apakah masih relevan dan efisien di tengah zaman modern dalam perspektif para ulama baik klasik maupun kontemporer. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode analisis isi. Penelitian ini bersifat kepustakaan, termasuk  penelitian library reseach. Teknik Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih apa yang penting dan apa yang  dipelajari, tarik kesimpulan yang bisa dibagikan dengan orang lain. Metode  pembelajaran pada pendekatan TCL menggunakan metode ceramah, diskusi searah, dan tanya jawab, sedangkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang berpusat pada guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam masih relevan dan efektif. Adapun untuk materi mata pelajaran umum maka yang tepat dan efektif pada masa sekarang ini adalah metode pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa

Keywords


Pembelajaran teacher center, Pendekatan pembelajaran, ulama klasik dan kontemporer

References


Ahmad Tafsir. 1994. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Jogjakarta: Aswaja Pressindo

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Rusman. 2018. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Zed, M. 2008. Metode Peneletian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.

Sarjono. 2008. Panduan Penulisan Skripsi. yogjakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam.

Sholeh, Abdul Rahman. 2005. Pendidikan Agama dan Pengembangan untuk Bangsa. Jakarta: Raja Grasindo.

Saifuddin. 2001. Metode Penelitian. Yogayakarta: Pustaka Pelajar.

Andi Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ahmad Tafsir. 1992. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Suwardi Endraswara. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: tim redaksi CAPS.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Assegaf, Abd Rachman. Aliran Pendidikan Pemikiran Islam Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern. Jakarta: Rajawali Pers.

Ibnu Khaldun. 2011. Mukaddimah Ibnu Khaldun, penerjemah masturi irham. Jakarta: Pustaka Alkautsar.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor